Mahasiswa KKN-T Unma Buat Biopori Untuk Tingkatkan Struktur dan Kualitas Tanah di Lahan Perkebunan Mangga

Mahasiswa KKN-T Unma Buat Biopori Untuk Tingkatkan Struktur dan Kualitas Tanah di Lahan Perkebunan Mangga

Mahasiswa KKN-T Unma Desa Cengal kecamatan Japara kabupaten Kuningan membuat program biopori untuk meningkatkan struktur tanah dan kualitas tanah pada lahan perkebunan mangga--

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM - Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) Desa Cengal, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan baru-baru ini telah melaksanakan program pembuatan lubang biopori.

 

Ketua kelompok KKN-T Unma desa Cengal, Muhamad Ikbal menjelaskan kegiatan pembuatan lubang biopori ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pada kualitas tanah yang mengeras yang di akibatkan oleh penggunaan pupuk kimia berlebih.

 

"Sehingga dengan adanya lubang biopori supaya kualitas dan struktur tanah menjadi baik dan gembur," jelas Ikbal.

 

Menurut Ikbal, program kerja (Proker) yang dilaksanakan pada Selasa, 30 Juli 2024 lalu itu melibatkan partisipasi aktif mahasiswa KKN-T dan masyarakat desa Cengal. 

 

Sebanyak tujuh lubang biopori telah berhasil dibuat di berbagai titik strategis di setiap dusun Desa Cengal. Biopori sendiri merupakan teknologi sederhana yang efektif meningkatkan Produktivitas pertanian untuk ketahanan pangan. 

 

"Besar harapan saya pembuatan lubang biopori ini terus dilakukan oleh para petani hortikultura yang mayoritas ada di desa Cengal. Selain untuk kesuburan tanah, cara ini juga diyakini membantu menyimpan air tanah saat musim kemarau," harap Ikbal.

 

Sementara itu, kepala Desa Cengal Een Suhartini menyambut baik inisiatif mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka (Unma). Pihaknya mengapresiasi kontribusi mahasiswa KKN-T dalam membantu mengatasi tantangan lingkungan di desanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: