Keren, Kurangi Ketergantungan Pupuk Sintetis, Mahasiswa KKN-T Unma Inovasi Sulap Limbah Rumah Tangga Jadi POC

Keren, Kurangi Ketergantungan Pupuk Sintetis, Mahasiswa KKN-T Unma Inovasi Sulap Limbah Rumah Tangga Jadi POC

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) sukses melakukan pengolahan limbah rumah tangga menjadi Pupuk Organik Cair (POC) dengan metode ember tumpuk di desa Juntikebon kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu--

 

Diharapkan Eka, para petani di desa Juntikebon sebagai pahlawan pangan ini dapat memanfaatkan limbah-limbah rumah tangga menjadi pupuk organik. 

 

"Sehingga petani tidak lagi tergantung kepada pupuk sintesis," harap Eka.

 

Sementara itu, salah satu petani Suyitno menyatakan kegiatan ini dinilai bermanfaat karena menambah pengalaman baru bagi para petani di Desa Juntikebon. 

 

Setelah mendapatkan informasi dan pemahaman baru, Suyitno pun berharap agar hasil panen para petani di Desa Juntikebon dapat meningkat.

 

"Materi tersebut dianggap sangat relevan mengingat tingginya ketergantungan para petani pada pupuk sintesis yang harganya terus meningkat," kata Suyitno diiyakan kepala desa Juntikebon, Sunanta.

 

Sunanta mengaku para peserta menunjukkan apresiasi yang tinggi terhadap mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka (Unma) atas penyuluhan yang sangat informatif dan aplikatif ini. 

 

Mereka berencana untuk bermain ke posko tempat Mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka (Unma) untuk belajar bersama lebih lanjut mengenai pembuatan alat-alat inovatif pendukung di bidang pertanian. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: