Pesona Arsitektur dan Sejarah Candi Mendut di Magelang

Pesona Arsitektur dan Sejarah Candi Mendut di Magelang

Pesona keindahan Candi Mendut di Magelang-Tangkap layar Instagram @aliem1509-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Candi Mendut adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi Anda yang ingin mempelajari sejarah dan budaya Indonesia. Candi ini menawarkan pengalaman wisata yang menarik dan berkesan bagi para pengunjungnya.

Candi Mendut adalah candi Buddha yang terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan salah satu candi tertua di Jawa Tengah dan menjadi bagian dari tiga candi yang terkenal di Magelang, yaitu Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon.

Candi Mendut memiliki beberapa keunikan dan daya tarik yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya yang populer di Indonesia:

1. Arsitektur yang Menawan

Candi Mendut memiliki arsitektur bergaya Syailendra yang megah dan indah. Bangunan candi terbuat dari batu andesit yang kokoh dan tahan lama.

BACA JUGA:Sop Senerek: Hidangan Hangat Khas Magelang dengan Isian Berlimpah

Candi Mendut memiliki satu bilik utama yang di dalamnya terdapat arca Buddha Vairocana yang terbuat dari perunggu. Di sekitar bilik utama terdapat lorong pradakshina yang dihiasi dengan relief-relief yang menceritakan kisah-kisah Buddhis.

Candi Mendut juga memiliki pelataran yang luas dengan tangga-tangga yang indah.

2. Sejarah yang Panjang

Candi Mendut diperkirakan dibangun pada abad ke-9 atas perintah Raja Rakai Indra dari Wangsa Syailendra. Candi ini digunakan sebagai tempat peribadatan umat Buddha pada masa itu.

Candi Mendut pernah direnovasi beberapa kali, yaitu pada masa pemerintahan Raja Amangkurat I, Raffles, dan Pemerintah Hindia Belanda.

BACA JUGA:Wisata Boemisora di Semarang Menyuguhkan Pemandangan Alam yang Indah dan Menyejukkan Mata

Pada tahun 1991, Candi Mendut ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

3. Fungsi dan Makna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: