Tak Kalah Saing, Ini Dia Kopi Asal Majalengka Yang Bisa Jadi Kopi Favoritmu

Tak Kalah Saing, Ini Dia Kopi Asal Majalengka Yang Bisa Jadi Kopi Favoritmu

2 orang memegang kopi Majalengka-radarmajalengka.com - tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARAMAJALENGKA.COM – Berbicara tentang Majalengka, biasanya identik dengan keindahan wisata alamnya. Dengan keberagaman wisata alamnya, Majalengka juga ternyata menyimpan  perkebunan kopi.

Majalengka yang dijuluki kota angin ini memiliki perkebunan kopi yang luasnya bisa mencapai 1200 hektar lebih.

Luasnya tersebar di beberapa kecamatan, diantaranya yaitu kecamatan Lemahsugih, Malausma, Cingabul, Rajagaluh dll. Perkebunan kopi biasanya memang bisa dapat tumbuh baik jika ada di tempat ketinggian tertentu.

Dan wilayah Majalengka ini sebagian termasuk ke wilayah dataran tinggi sedangkan sebagian yang lain masuk ke dalam wilayah yang dataran rendah.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Hotel di Majalengka, Cocok untuk Staycation!

Kopi Majalengka akhir-akhir ini juga mulai dilirik oleh para pecinta kopi. Dengan jenisnya yaitu Arabika dan Robusta yang berasal dari Gunungwangi dan Lemahsugih membuat para pecinta kopi yang sudah mecicipinya akan ketagihan. 

Mayoritas Kopi yang berasal dari Majalengka ini biasanya adalah kopi Robusta. kopi Robusta sendiri adalah kopi yang memilliki  rasa yang khas dan kepekatan yang cukup tinggi. Jadi tak heran kopi ini bisa menjadi kopi favorit.

Jenis - jenis kopi yang berasal dari daerah tersebut banyak didistribusikan ke kedai-kedai kopi di wilayah Majalengka dan sekitarnya. Seperti Kopi Rokrak, Kopi Apik dan lain-lainnya. Kopi-kopi ini biasanya diminati oleh para kaum milenial dan gen z, meski tak jarang pula dari generasi sebelumnya.

Dengan potensi dalam bidang pekebunan kopi tersebut, pihak pemerintah yang menangani perihal ini yaitu Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka (DKP3 Majalengka) berupaya melakukan pengembangan kualitas produksinya karena komoditas ini juga merupakan komoditas yang menjadi strategis perkebunan Jawa Barat.

BACA JUGA:4 Destinasi Wisata Danau di Majalengka, Cocok untuk Liburan Sekeluarga!

Selain pengembangan kualitas produksinya, tak kalah penting juga untuk meningkatkan pengetahuan terhadap SDM atau para pelaku yang berkecimpung di dalam dunia perkebunan kopi ini.

Menurut DKP3 Majalengka pihaknya juga memberikan fasilitas kepada para petani untuk mengadakan programnya dengan membentuk Lembaga yang bersinergi yang bisa menembus pasar yang lebih besar.

Diharapkan kopi Majalengka ini dapat terus bersaing dengan kopi-kopi lainnya di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: