Kasus Covid-19 Nasional Melonjak, Pemkab Majalengka Lakukan Pencegahan

Kasus Covid-19 Nasional Melonjak, Pemkab Majalengka Lakukan Pencegahan

ilustrasi-dok-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Kasus positif Covid-19 di tingkat nasional kembali meningkat dalam beberapa pekan terakhir ini. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa jumlah kasus yang sebelumnya stabil, berkisar antara 30-40 pasien per pekan, kini melonjak drastis menjadi 267 pasien dalam periode 28 November sampai dengan 2 Desember 2023.

Meski demikian kasus Covid-19 di Kabupaten Majalengka masih nihil. Namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka telah mengambil langkah preventif sejak dini. Dengan cara berwenang menghimbau kepada lapisan masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

"Meski secara nasional terjadi lonjakan kasus Covid-19, namun di Majalengka tidak ada kasus yang terinfeksi virus," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, H Agus Susanto SSos MSi.

Agus menegaskan pihaknya telah membuat surat himbauan yang akan segera disebar kepada seluruh lapisan masyarakat. Isinya menekankan pentingnya meningkatkan kewaspadaan kembali terhadap virus yang sangat berbahaya ini.

BACA JUGA:Hati-hati Penipuan Catut Kodim Majalengka

Langkah ini diharapkan dapat menciptakan kesadaran kolektif dan memotivasi masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Pemkab Majalengka akan terus berkomitmennya terus memantau perkembangan situasi terkini, dan mengambil tindakan lebih lanjut jika diperlukan.

"Langkah-langkah preventif yang diimplementasikan diharapkan mampu menekan penyebaran virus dan menjaga kesehatan masyarakat Majalengka," katanya.

Menurut Agus, langkah-langkah ini diambil untuk melindungi kesehatan masyarakat dan memutus mata rantai penularan virus. Pihaknya berharap masyarakat dapat mendukung dan tetap patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan, demi keamanan bersama.

BACA JUGA:Bupati Naikkan Nominal Insentif untuk Kuncen

Pemerintah Majalengka akan terus berkomitmen untuk terus memantau perkembangan situasi dan bersiap mengambil langkah-langkah strategis sesuai dengan kebutuhan.

"Sinergi antara pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan ini," tegasnya.

Agus berpesan, meskipun sebagian masyarakat sudah di vaksinasi, masyarakat tetap perlu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat sakit, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun guna memberikan perlindungan optimal dari penularan Covid-19.

"Kami imbau masyarakat diingatkan segera memeriksakan diri ke faskes maupun rumah sakit terdekat bila mengalami gejala yang mengarah pada Covid-19 seperti demam, batuk, pilek, dan sesak nafas untuk diagnosis lebih lanjut," pesannya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: