Servis Motor Gratis yang Dilakukan oleh LKP Mustika Wangi

Servis Motor Gratis yang Dilakukan oleh LKP Mustika Wangi

MEKANIK MUDA: Pelayanan servis motor secara gratis dari para mekanik muda Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Mustika Wangi. -istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Mustika Wangi Desa Ciborelang Kecamatan Jatiwangi memberikan pelayanan servis motor gratis di halaman Balai Desa Heuleut  Kecamatan Kadipaten, Rabu (22/11). 

Puluhan warga antre sejak pukul 08.00 untuk mendapatkan pelayanan servis motor secara gratis dari para mekanik muda tersebut.

Ketua LKP Mustika Wangi, Iwan Setiawan menyebutkan pelayanan servis motor grartis merupakan implementasi dari   program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Platinum ini kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dirjen Vokasi.

Iwan  menjelaskan, secara nasional hanya ada 6 lembaga otomotif yang mendapatkan program PKW ini, dan salah satunya  LKP Mustika Wangi yang beralamat di Jalan Raya Timur Nomor 15 Desa Ciborelang Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Pemilu 2024, Bupati Yakini Netralitas ASN

Ia menyebutkan di Jawa Barat hanya LKP Mustika Wangi  dan LKP Eka Berindo Kota Cirebon yang mendapatkan kepercayaan dari pemerintah terutama dari Dirje Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Ia bersyukur terus mendapatkan kepercayaan dari Dirjen Vokasi Kemendikbudristek untuk melaksanakan pelatihan Pedidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Platinum. Program tersebut ditujukan bagi Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (AUTS), masih Menganggur dan yang tidak mampu. Dijelaskan Iwan, dalam program tahun 2023 ini merekrut sebanyak 35 orang peserta didik dari berbagai wilayah di Kabupaten  Majalengka untuk dilatih dan dibina guna memiliki keterampilan perbengkelan.

Iwan menyebutkan sejak tahun 2020, pihaknya mendapatkan program ini dan berharap dapat terus berlanjut karena sangat di butuhkan oleh masyarakat khususnya Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (AUTS), masih menganggur dan yang tidak memiliki biaya untuk kuliah.

Iwan menegaskan PKW ini untuk mendidik generasi muda agar bisa mandiri dan menjadi wirausahawan muda di bidang perbengkelan demi peningkatan kesejahteraan hidup dan masa depan yang lebih baik.  

BACA JUGA:Angkat Tema Anime, Skutik Classy Yamaha Jadi Daya Tarik di Event Jak-Japan Matsuri 2023

Disebutkannya, para peserta tidak hanya mendapatkan pelatihan dan keterampilan tentang mekanik, tapi juga tentang digital marketing. “Para peserta diberikan modal dan peralatan perbengkelan untuk buka usaha bengkel baru,” ujarnya.

Dijelaskan suami dari Erin Widarini yang telah dikarunia dua anak ini, sebelum mendirikan bengkel para peserta diuji kemampuan diri dan mentalnya dalam servis motor dengan melakukan layanan servis motor gratis kepada masyarakat, sekaligus mencari konsumen baru.

“Setelah lulus peserta diberi peralatan perbengkelan dan modal untuk buka usaha bengkel secara mandiri,” ujar pria kelahiran Majalengka, 27 Desember 1970 ini.

Seorang warga Blok Jumat Desa Heuleut Kecamatan Kadipaten, M Ali Nurdin (58) mengaku senang dengan adanya layanan servis motor gratis. Ia datang pertama dengan membawa motor yang baru dibawa dari kota dan langsung diservis. “Kami berharap program servis motor gratis ini bisa  rutin dilaksanakan untuk membantu warga yang membutuhkan,” ujar Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: