Kenapa Bunyikan Klakson di Terowongan Tol Cisumdawu?

Kenapa Bunyikan Klakson di Terowongan Tol Cisumdawu?

Terowongan tol Cisumdawu --

RADARMAJALENGKA.COM-Letak terowongan ini ada di Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau dikenal dengan sebutan Cisumdawu. Terowongan kembar yang ada di Jalan Tol Cisumdawu ini memiliki panjang 472 meter dengan diameter 14 meter dengan ruas panjang jalan tol Cisumdawu sepanjang 61, 6 Km.

Terowongan Tol Cisumdawu ini berada di seksi II ruas Rancakalong - Sumedang, yakni di desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Namun siapa sangka, di atas terowongan itu sesungguhnya masih sangat banyak makam dan sampai kini belum dipindahkan.

Lokasi kawasan makam di atas terowongan tol Cisumdawu itu ada di Kampung Cimasuk 1, Desa Pamulihan, Kecamatan Pamulihan, Sumedang.

Saat penelusuran, tampak terlihat ada sejumlah truk yang membunyikan klakson saat berada di dalam terowongan. Mungkin mereka telah mengetahui keberadaan makam di atas terowongan tol Cisumdawu. 

Pernah ada mitos bahwa makam-makam dimaksud tidak bisa dibongkar, akhirnya sebagian bisa dipindahkan.

“Itu hanya mitos, karena sebagian memang bisa dipindahkan,” dikutip dari YouTube Rizquna Channel berjudul Mengejutkan Ternyata Ada Kuburan Diatas Terowongan Kembar Tol Cisumdawu & Tidak Bisa Dibongkar, Selasa (7/11).

Kisah mistis lainnya adalah penampakan makhluk gaib yang sering terlihat di terowongan tersebut, dan munculnya suara-suara aneh.

Bahkan, terowongan Panyirapan di Jalan Tol Cisumdawu, tepatnya di Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang menjadi mistis usai rampung dibangun tahun 2019.

Munculnya penampakan mahluk astral di terowongan Panyirapan ini bukan hal yang aneh. Sebab, menurut cerita warga sekitar di lokasi terowongan ini dulunya sangat berdekatan dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Panyirapan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: perkembangan tol cisumdawu