Ridwan Kamil Unggul dalam Survei Bacawapres, Miliki Elektabilitas Tertinggi, Punya Basis Massa yang Jelas

Ridwan Kamil Unggul dalam Survei Bacawapres, Miliki Elektabilitas Tertinggi, Punya Basis Massa yang Jelas

Gubernur Ridwan Kamil -Ist-radarmajalengka

BACA JUGA:ICMI Ikuti Soroti Masalah Stunting di Auditorium Universitas Majalengka

Kemudian sosok Erick Thohir. Dalam survei tersebut memang hanya menduduki peringkat tiga. Kalah dengan Kang Emil dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.

Hasil survei tersebut, Erick Thohir, pada Januari 2023 hanya memperoleh hasil 3,1%. Pada Mei 2023 angkanya meningkat menjadi 4,5%. Kemudia pada Agustus 2023 meningkat tajam menjadi 8,0%.

Sungguh ini angka-angka yang luar biasa progresif. Terus mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Apalagi jika bisa terus naik hingga menjelang penetapan capres dan cawapres nanti.

Sosok ini, jika melihat hasil survei tersebut, yang paling istimewa. Tingkat keterpilihannya terus moncer.

BACA JUGA:KPU CUP 2023 Resmi Dibuka Bupati Karna Sobahi

Hal ini menunjukkan jika ada kinerja dalam dirinya sehingga menawan bagi para calon pemilih. Atau juga kinerja dari timnya yang membuat sosok Erick Thohir menjadi diminati untuk menjadi calon wakil Presiden.

Tentu ada kelemahannya. Berbeda dengan Ridwan Kamil, yang memiliki basi suara kuat di Jawa Barat. Sepertinya Erick Thohir suaranya menyebar.

Apalagi jika tetap tidak bisa beranjak dari posisi tiga, Erick Thohir belum menjadi pasangan yang ideal untuk menentukan kemenangan. Banyak Bacapres lain yang memiliki potensi yang sama.

Seperti diketahui, Survei Litbang Kompas merilis tren elektablitas bakal calon wakil presiden (Bacawapres). Dalam survei tersebut tiga teratas diduduki oleh Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Erick Thohir.

BACA JUGA:Oxsa Bikin Kereta Kencana Jadi Juara Karnaval

Survei periodik yang dirilis Litbang Kompas pada Selasa (22/8/2023), dilakukan melalui wawancara tatap muka dan diselenggarakan pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2023.

Sebanyak 1.364 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.

Tingkat kepercayaan survei senilai 95 persen, margin of error penelitian plus minus 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Adapun 13 nama bacawapres yang muncul di survei ini, mereka adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: