Pemkab Majalengka Gelar Operasi Katarak Gratis

Pemkab Majalengka Gelar Operasi Katarak Gratis

OPERASI GRATIS: Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam rangka Hari Jadi ke-533 menggelar opeasi katarak gratis di RSUD Talaga.-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM -Sebanyak 100 warga Kabupaten Majalengka mengikuti kegiatan operasi katarak gratis, yang digelar Pemerintah Kabupaten Majalengka, dalam rangka Hari Jadi ke-533 Majalengka. Kegiatan bakti sosial (baksos) itu digelar di RSUD Talaga dan dipantau langsung oleh Bupati Majalengka Dr H karna Sobahi MMPd.

Dalam kegiatan yang dimotori oleh Dinas Kesehatan bekerja sama dengan RS Mata Cicendo, Perdami dan Rotary Club Bandung tersebut, didikuti 100 warga dari 26 kecamatan.

Bupati Dr H Karna Sobahi M MPd   menjelaskan, kegiatan itu merupakan salah satu bukti kecintaan dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Majalengka kepada warga lanjut usia (lansia), terutama yang mengalami gangguan katarak.

"Kegiatan operasi katarak bagi masyarakat merupakan rangkaian kegiatan yang dipersembahkan untuk rakyat di Kabupaten Majalengka, kegiatan ini difokuskan kepada kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

BACA JUGA:Hadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional, Wapres Ma'ruf Amin: Keluarga Kunci Atasi Stunting

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Raih Tanda Kehormatan Tertinggi Satyalancana Wira Karya Tahun 2023

Sesuai dengan Tema Hari Jadi ke-533 Majalengka yakni Rempeg Gawe Lanjutkeun Majalengka Raharja,” terangnya.
Lebih lanjut sambung bupati, melalui kegiatan tersebut diharapkan, dapat membantu masyarakat sekaligus mendorong warga untuk lebih produktif serta mampu menjalankan aktifitasnya dengan normal tanpa adanya kendala penglihatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka H Agus Susanto menambahkan, joperasi katarak yang diperuntukan bagi warga kurang mampu merupakan program rutin Pemkab Majalengka yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir, dan mendapatkan animo yang cukup baik dari masyarakat.

"Dari 150 orang yang mengikuti screening ternyata yang bisa dioperasi hanya 100 orang. Sementara secara keseluruhan berdasarkan data yang ada, di Kabupaten Majalengka sendiri masih ada sekitar 1,650 orang yang perlu penanganan operasi katarak, " ujar Agus.

Kasus katarak di Kabupaten Majalengka dari tahun 2021 sampai 2023 tercatat sebanyak 5.663 kasus. Dan, selama itu dinas kesehatan telah melakukan program bakti sosial operasi katarak.

“Selama dua tahun kita telah berhasil melakukan bakti sosial dengan operasi katarak sebanyak 4.013 orang dan sisanya sebanyak 1.650 orang akan dilakukan lagi akhir tahun,“ pungkasnya. (pai/ara)

BACA JUGA:Cedera Akibat Bermain Sepak Bola, Billy Syahputra Minta Maaf Absen Syuting

BACA JUGA:Awas Jangan Dimakan Dagingnya! Berikut Ini Ciri-Ciri Hewan Ternak Terserang Antraks

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: