Pesawat Cargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Menhub Ikut Bangga

Pesawat Cargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Menhub Ikut Bangga

Pesawat cargo terbesar di dunia yakni Antonov AN-124 100 M Ruslan berhasil mendarat di Bandara Kertajati Majalengka.-Hendrawan Aviation-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pesawat cargo terbesar di dunia yang beroperasi saat ini, Antonov AN-124 100 M berhasil mendarat di Bandara Kertajati Majalengka.

Momen tersebut, tidak hanya mengenai singgahnya pesawat cargo terbesar di dunia. Tetapi menjadi pembuktian dari keandalan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Dengan landas pacu sepanjang 3.000 meter, dan tempat parkir pesawat yang luas, bandara terluas kedua di Indonesia itu, mampu menangani pesawat seperti Antonov AN-124 100 M dengan call sign ruslan,  yang tidak bisa sembarangan mendarat di bandara biasa.

Karenanya, hal tersebut menjadi pencapaian tersendiri. Apalagi, pesawat tersebut tidak datang dengan kondisi kosong.

BACA JUGA:Sosok Chandra Asri Perusahaan Taipan Indonesia, Bawa Pesawat Antonov Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

Melainkan membawa muatan mesin berukuran besar dan beratnya tentu mencapai ratusan kilogram. Belum ditambah dengan bobot pesawat itu sendiri.

Karena itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyamaikan, seharusnya Bandara Kertajati Majalengka dapat dioptimalkan.

Sebab, mampu melayani pendaratan dan penerbangan pesawat berbadan besar baik untuk penumpang maupun cargo.

presiden juga menginstruksikan segera memikirkan agar bandara internasional di Kabupaten Majalengka itu, bisa segera dioptimalkan.

BACA JUGA:MAU MUDIK? Lihat Dulu Peta dan Rute TOL CISUMDAWU Terbaru, Simak di Sini

Dengan harapan dapat mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno Hatta yang sudah demikian crowded.

"Kertajati selama ini, kurang mendapatkan traffic. Presiden sudah memberikan perintah supaya mendukung Kertajati menjadi alternatif bandara internasional," kata Menhub di Istana Negara, Jumat malam, 23, Maret 2023.

Dikatakan Menhub, Provinsi Jawa Barat, hanya mempunyai satu bandara yakni Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung.

"Tetapi (landas pacu) pendek. Sekarang ini, Kertajati dengan panjang 3.000 meter. Kemarin dibuktikan pesawat cargo Antonov bisa mendarat di sana," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: