Hore! Indonesia Dapat Kiriman 684.400 Dosis Vaksin Dari Selandia Baru

Hore! Indonesia Dapat Kiriman 684.400 Dosis Vaksin Dari Selandia Baru

JAKARTA - Indonesia kedatangan vaksin dari Selandia Baru. Kedatangan vaksin ini merupakan tahap ke-99 dari dukungan kerja sama dose-sharing vaksin.

Jumlah vaksin yang diterima Indonesia dari Selandia Baru berjumlah 684.400 dosis vaksin jadi AstraZeneca melalui jalur multilateral COVAX Facility, pada Senin (25/10).

jadi AstraZeneca melalui jalur multilateral COVAX Facility, pada Senin (25/10).

Sehingga total vaksin yang sudah datang di tanah air baik dalam bentuk bulk dan jadi adalah sekitar 292 juta dosis.

“Ini merupakan pertama kalinya Selandia Baru melakukan kerja sama dose-sharing vaksin dengan Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam keterangannya, Selasa (26/10).

Menurutnya, kerja sama Selandia Baru dengan Indonesia ini merupakan bagian dari komitmen Selandia Baru untuk mendukung program vaksinasi di kawasan Asia dan Pasifik, di mana mayoritas dari kerja sama dilakukan dengan Indonesia.

Menlu juga menerangkan, kerja sama dengan Selandia Baru juga telah dilakukan oleh Indonesia, antara lain melalui Eijkman Institute untuk meningkatkan kualitas tes Covid-19.

“Kerja sama juga dilakukan dengan UNICEF untuk meningkatkan kapasitas kesehatan publik, serta sejumlah peralatan medis di Indonesia,” ucap Retno.

Retno menyebut, saat jumlah kasus di Indonesia sangat tinggi beberapa bulan yang lalu, Selandia Baru mengirimkan peralatan medis seperti ventilator dan rapid test, serta memberikan dukungan tambahan kepada Lembaga Eijkman.

“Untuk kolaborasi dan kerja sama yang diberikan selama pandemi ini, atas nama Pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah dan rakyat Selandia Baru. Tena koutou, Aotearoa! Terima kasih, Selandia Baru,” ujar Retno.

Sementara, Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett mengatakan, Selandia Baru dan Indonesia telah memiliki ikatan kerja sama yang lama dan dekat.

Pemerintah Selandia Baru juga akan terus melanjutkan dukungan kepada Indonesia dalam merespon pandemi dan membantu mengatasi tantangan yang muncul dalam perjalanannya.

“Kami juga akan bekerja sama secara erat dengan Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Luar Negeri RI,” pungkas Kevin. (jun/jp)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: