Khawatir Menyisakan Dugaan, Ketua Komisi IV DPRD Kab Cirebon Minta Disdik Segera Lantik Cakepsek

Khawatir Menyisakan Dugaan, Ketua Komisi IV DPRD Kab Cirebon Minta Disdik Segera Lantik Cakepsek

CIREBON - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Siska Karina SH MH mempertanyakan keseriusan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon terkait persoalan pelantikan calon kepala sekolah (cakepsek).

Pasalnya, sampai dengan saat ini, jadwal pelantikan cakepsek masih tarik-ulur. Sementara, civitas akademika di lingkungan sekolah menunggu kepastian, khususnya para cakepsek yang sudah mengikuti tahapan seleksi.

\"Kapan Cakepsek di lantik? Kalau lebih dari tanggal 10 Oktober ada 2 lagi Cakepsek yang gagal dilantik. Terus siapa yang mau tanggung jawab?,\" tanya Siska dalam rilisnya, Rabu (6/10) malam.

Tidak hanya soal kepastian jadwal pelantikan, politisi Partai Golkar ini juga mepertanyakan terkait proses birokrasi antardinas dan badan yang mengelola kepegawaian di lingkungan pemerintahan Kabupaten Cirebon.

\"Dari Disdik pengajuan ke BKSDM terus ke Inspektorat, lalu di mana sebenarnya yang lama. Jangan saling lempar, kan perlu dipertanyakan ini. Jangan main-main,\" tambahnya.

Siska mendesak, persoalan pelantikan cakepsek ini sangat urgent bagi dunia pendidikan, khususnya dalam pelayanan birokrasi.

Pasalnya, kepala sekolah adalah pimpinan di sekolah yang mengatur jalannya kegiatan belajar mengajar, apalagi ditengah situasi pandemi Covid-19 yang membutuhkan penanganan serius, ditiap-tiap sekolah. \"Harusnya segera diselesaikan ini. Jangan ditunda-tunda kalau ini penting,\" tegasnya.

Selain itu, apabila hal ini berlarut-larut, khawatir menimbulkan preseden buruk bagi Disdik dan juga pimpinan daerah. \"Harus ada ketegasan dari pemangku kebijakan, agar tidak menyisakan dugaan,\" pungkasnya. (jun/rls)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: