Ungkapkan Rasa Syukur Atas Hasil Panen, Warga Desa Sukawana Gelar Tradisi Munjung

Ungkapkan Rasa Syukur Atas Hasil Panen, Warga Desa Sukawana Gelar Tradisi Munjung

MAJALENGKA - Ratusan warga Desa Sukawana, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, dengan membawa tumpeng mengikuti acara tradisi Munjung, Selasa (5/10).

Warga berbondong-bondong datang ke Makom Kramat Bagus Rangin.

Kuncen makam Sukawana, Ki Encim menyebutkan,  kegiatan ini merupakan acara tahunan yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat adat beserta Pemerintah Desa Sukawana, sebagai penanda berakhirnya tahun tahun tanam dan siap membuka tahun tanam baru.

Selain itu, kegiatan munjung juga sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat  atas capaian hasil panen selama satu musim tanam.

Kegiatan munjung diisi dengan mendoakan para pendiri desa yang telah berjasa mewarisan wilayah yang subur untuk anak cucu. Selain itu, melalui kegiatan munjung ini, diharapkan generasi saat ini mengetahui jejak perjuangan masa lalu dalam membangun Desa Sukawana, sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah kelahirannya.

Senada, Kepala Desa Sukawana, Nanang Sutisna,  mengatakan, munjung ini jadi sebuah pengingat akan jejak masa lalu.

Sehingga akan terus dilaksanakan setiap tahunnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan, ke depannya kegiatan munjung bisa didesain juga untuk kepentingan parawisata. Kegiatan munjung dihadiri sekcam Kertajati,  babinsa, babinmas dan ketua MUI Kecamatan Kertajati.

Tokoh  masyarakat setempat, Endin Hardianto SPd  menyebutkan  masyarakat  sangat antusias mengikuti  tradisi  munjung tersebut. (ara/radarmajalengka)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: