50.000 Bibit Pohon untuk Penghijauan

50.000 Bibit Pohon untuk Penghijauan

MAJALENGKA - Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPDASHL KLHK), menyalurkan bantuan sekitar 50 ribu bibit tanaman kehutanan dan tanaman produktif untuk penghijauan di wilayah Kabupaten Majalengka.

Dalam prosesnya BPDASHL KLHK menggandeng salah satu organisasi masyarakat (Ormas) DPC Manggala Garuda Putih Kabupaten Majalengka.

Aang Sutarli Manajer Persemaian Permanen Kadipaten Majalengka BPDASHL Cimanuk-Citanduy Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari gerakan penghijauan nasional.

Oleh karena itu, mewakili KLHK, dirinya sangat mendukung Ormas DPC Manggala Garuda Putih sebagai pelaksana dan pemberdayaan program penanaman di wilayah Kabupaten Majalengka.

“Mendukung dan Mendampingi penuh DPC Manggala Kabupaten Majalengka sebagai pelaksana, pemberdayaan anggota dan masyarakat dalam Program Penanaman di Wilayah Majalengka, dalam rangka menyukseskan Gerakan Penghijauan Nasional,” ungkapnya, Jumat (3/9).

Ketua DPC Oramas Manggala Garuda Putih Kabupaten Majalengka Taufik Purkon mengatakan bahwa giatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Bahkan sebagai organisasi kemasyarakatan yang memang mempunyai visi misi salah satunya merawat lingkungan, sangat mengapresiasi dengan adanya perhatian dari pihak kementerian.

Rencananya nanti setelah memasuki musim tanam, para pengurusnya akan bergerak membagikan dan menyosialisasikan kepada masyarakatan. \"Bahkan nanti dalam pada saat pembagian masyarakat bisa mengajukan sesuai kebutuhan, dan mengambil apa yang dibutuhkan. Tetunya harapan kami penghijauan di Majalengka dan pemberdayaan masyarakat bisa tercipta,” katanya.

Selain itu yang dimaksud bibit sesuai kebutuhan, artinya disesuaikan dengan kebutuhan petani dan sesuai dengan stok yang ada dan juga disesuaikan dengan wilayah tanah masing-masing. \"Karena mungkin di wilayah A cocoknya pohon ini, wilayah B cocoknya pohon ini. Oleh karena itu kita akan tampung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Mandor Produksi Tanaman Etoy Atma Wijaya sangat mendukung dengan adanya bantuan bibit yang akan disalurkan ke desa-desa dan dilakukan dengan bantuan Ormas Manggala Garuda Putih . \"Kami sangat senang. Mudah-mudahan bisa disalurkan dengan lancar dan bisa diterima oleh para petani, dan bisa ditanam dengan baik. Bisa dirawat dan bisa dipanen hasilnya dengan baik,” harapnya. (bae/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: