Kwarcab Majalengka Sabet 8 Penghargaan

Kwarcab Majalengka Sabet 8 Penghargaan

MAJALENGKA - Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Majalengka meraih 8 tropi bergengsi pada penganugerahan rekor Muri yang diselenggarakan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat kerja sama dengan BBPOM Bandung. Kegiatan yang bertajuk \"Gebyar KIE 1095\" itu, salah satunya membuat sebuah karya melalui film pendek tentang obat dan makanan.

\"Alhamdulillah Kwarcab Majalengka memperoleh juara 1 penegak putri, juara 1 penggalang Putri, juara 1 pengirim film terbanyak, juara 2 dan 3 serta harapan. Jika ditotalkan mendapatkan 8 buah tropi,\" ungkap Sekretaris Kwarcab Majalengka Adam Suhara melalui pesan singkatnya, Jumat (3/9) usai menerima penghargaan di Bandung.

Menurutnya, lomba tentang keamanan obat dan makanan ini, merupakan kreasi yang digagas Pramuka Jawa Barat bekerja sama dengan Balai Besar POM (Pengawasan Obat dan Makanan), berupa lomba film pendek.

Uniknya dalam lomba yang diikuti itu tidak menggunakan alat canggih dan rumit. Cukup menggunakan smartphone. Adam menyebutkan tujuan digelarnya lomba film pendek itu sebagai inovasi bagi generasi muda di masa pandemi.

Pihaknya berharap dengan diraihnya penghargaan ini, pramuka Majalengka bisa tetap berkontribusi dalam mewujudkan keamanan obat dan makanan lewat kreasi film. \"Lomba ini juga merupakan rangkaian dari peringatan 76 Kemerdekaan Indonesia,\" ungkapnya.

Dia menambahkan, lomba pembuatan film pendek itu harus berisi program KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) mengenai keamanan obat dan makanan. Durasinya 1-5 menit dengan bahasa Indonesia. Mengenai pesertanya bisa dibuat subtitle bahasa Inggris dan dibuat berkelompok, 3-5 orang. Termasuk pramuka berkebutuhan khusus.

\"Alhamdulillah peserta dari Kwarcab Majalengka mendapatkan nilai terbaik dari dewan juri dalam kejuaraan ini,\" katanya.

Sementara itu, belum lama ini Ketua Kwaran Cabang (Kwarcab) Pramuka Majalengka, Drs H Eman Suherman MM mendapat penghargaan Lencana Pancawarsa dari Gubernur Jawa Barat H Ridwan Kamil pada puncak Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tingkat Provinsi Jabar di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung.

Gubernur Ridwan Kamil selaku Ketua Mabinda menyematkan penghargaan ke sejumlah pihak berupa Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Wiratama, Lencana PancaWarsa, Lencana Teladan dan pemberian piagam penghargaan. (ono)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: