AGP Workshop Musikalisasi Puisi

AGP Workshop Musikalisasi Puisi

WAWASAN MUSIK: Ferry Curtis, pemateri dari Bandung sedang memberikan kuliah perihal musikalisasi Puisi, di Aula Kokardan, 16 September 2024.-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  – Sebanyak 100 peserta dari siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Majalengka menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti Workshop Musikalisasi Puisi yang dilaksanakan di Gedung Kokardan, Jalan Gerakan Koperasi, Kelurahan Majalengka Wetan, Kecamatan Majalengka, pada hari Senin (16/9).

Workshop ini diselenggarakan oleh Asosiasi Guru Penulis (AGP) Kabupaten Majalengka dan menghadirkan narasumber Ferry Curtis dari Bandung, Eriyadi Budiman juga dari Bandung, serta Iman Sabumi dari Kabupaten Majalengka.

Acara ini dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka, H Moch Umar Marup SSos MSi.
Ketua AGP Kabupaten Majalengka sekaligus Ketua Panitia, Asikin Hidayat SPd MPd menyebutkan bahwa 100 peserta terdiri dari siswa dan guru pendamping dari SMK/SMA/MA mengikuti workshop ini.

Asikin juga menjelaskan bahwa workshop musikalisasi puisi merupakan bagian dari rangkaian pembukaan Festival Sastra yang diselenggarakan oleh AGP Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Vinex Cikijing U-9 Cikijing Juara 3 IDCT se Indonesia di Lampung, U-10 Masuk Perempat Final

“Ada tujuh kegiatan yang dilaksanakan AGP dalam festival sastra ini, dan sebelumnya AGP juga mengadakan Kemah Sastra di Talaga Pancar, Kecamatan Sindangwangi pada Agustus 2024,” kata Asikin dalam sambutannya pada pembukaan workshop.

Asikin menambahkan bahwa festival sastra ini bertujuan untuk melestarikan keliterasian, kebahasaan, dan mencari sosok sastrawan dalam musikalisasi puisi.

“AGP kini memasuki usia ke-6 dan tahun ini kami bersyukur mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Oleh karena itu, AGP membutuhkan dukungan dari Pemkab Majalengka serta seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Majalengka,” ungkap Asikin.

Festival sastra dengan tema “Kota Gula dalam Pigura” ini meliputi beberapa kegiatan, antara lain lomba mengucap syair untuk TK/RA, lomba baca puisi tingkat SMP, lomba menulis puisi untuk guru, dan lomba menulis cerpen untuk umum.

BACA JUGA:Selamatkan Aset Daerah, Pemkab Majalengka Gandeng Kejari

“Puncaknya akan dilaksanakan pada Sabtu (26/10) malam mendatang di Toserba Surya Kadipaten, dengan agenda Gebyar Malam Sastra serta pembagian hadiah dan trofi untuk para juara,” jelas Asikin.

Plt Kadisdik yang juga Asda Kesejahteraan Rakyat Setda Majalengka, H Moch Umar Marup mengapresiasi kegiatan Festival Sastra yang diawali dengan workshop oleh AGP Kabupaten Majalengka.

Umar berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan minat dan bakat literasi, baik dalam membaca maupun menulis, terutama di kalangan pelajar di Kabupaten Majalengka.

Ia jberharap ke depannya tidak hanya Sanggar AGP dan komunitas Kirik Nguyuh yang mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat, tetapi juga banyak komunitas lainnya di Kabupaten Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: