Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Gebyar Pencegahan Stunting di Desa Jambugeulis Hingga Kenalkan Pola Makan 4 Bintang

Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Gebyar Pencegahan Stunting di Desa Jambugeulis Hingga Kenalkan Pola Makan 4 Bintang

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) menggelar kegiatan Gebyar Pencegahan Stunting--

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) menggelar kegiatan Gebyar Pencegahan Stunting pada awal bulan Agustus 2024 ini. 

 

Acara yang dilaksanakan di Balai Desa Jambugeulis, Kecamatan Cigandamekar, kabupaten Kuningan tersebut mendapat sambutan hangat dan antusias dari masyarakat setempat.

 

Ketua kelompok KKN-T Unma Desa Jambugeulis, Rohmat Sukamana mengatakan pihaknya (para mahasiswa) memberikan edukasi mengenai cara-cara pencegahan stunting yang benar. 

 

"Stunting, yang merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, menjadi perhatian serius kami sejalan dengan program pemerintah karena berdampak pada perkembangan fisik dan kognitif anak," kata Rohmat.

 

Rohmat menjelaskan salah satu fokus utama dari kegiatan gebyar pencegahan stunting ini adalah memperkenalkan dan menerapkan pola makan 4 bintang. 

 

"Pola makan ini mencakup empat komponen penting, yaitu karbohidrat, lemak, protein, dan serat," jelas Rohmat. 

 

Disamping itu, para mahasiswa KKN-T Unma juga menjelaskan bahwa karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, jagung, atau kentang. Sementara lemak dari minyak, margarin, dan kacang-kacangan, serta protein dari daging, ikan, tahu, dan tempe.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: