Mengenal World Water Forum yang Diselenggarakan di Bali, Apa itu?

Mengenal World Water Forum yang Diselenggarakan di Bali, Apa itu?

World Water Forum-cnbcindonesia.com - tangkapan layar- radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - World Water Forum 2024 diselenggarakan di Bali, Indonesia.

Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah World Water Forum 2024, tepatnya di Bali. Forum ini diadakan mulai dari tanggal 18 – 25 Mei 2024. Dengan menjadikan Indonesia tuan rumah World Water Forum, maka Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah event besar ini. Wah membanggakan sekali ya. 

World Water Forum telah terlaksana 10x di berbagai negara dunia, dimana event ini untuk pertama kalinya terselenggara di Kota Marrakesh, Maroko.

Tunggu dulu, sebenarnya World Water Forum itu apa sih?

BACA JUGA:Kini Starlink Hadir Di Indonesia! Ini Permintaan Pemerintah ke Elon Musk

Apa itu World Water Forum?

Dilansir dari worldwaterforum.org, World Water Forum atau Forum Air Dunia merupakan acara multipihak untuk memaparkan misi, pandangan, dan pencapaian komunitas Air. World Water Forum diselenggarakan setiap tiga tahun sekali antara Dewan Air Dunia dan negara tuan rumah, dimana Indonesia menjadi tuan rumah Forum Air Dunia 2024. Forum internasional di sektor Air ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan dunia. 

Event ini diadakan oleh World Water Council (WWC) atau Dewan Air Dunia. Dengan kata lain, World Water Forum menjadi pertemuan internasional terbesar yang membahas tentang isu-isu air secara global. Khususnya membahas sekaligus merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia. World Water Forum dilatarbelakangi oleh makin mendesaknya isu sumber daya air di tengah meningkat tajamnya kebutuhan air global dan makin sulitnya akses menuju ketersediaan air yang berkualitas dan berkelanjutan.

BACA JUGA:Pendidikan Kewarganegaraan : Memahami Agresi Militer Belanda Dengan Sejarah dan Dampaknya

Tujuan World Water Forum

Tujuan utama Forum Air Dunia adalah:

  • Untuk meningkatkan pentingnya air dalam agenda politik;
  • Untuk meningkatkan kesadaran di kalangan pengambil keputusan, bidang air dan profesional lainnya, media dan masyarakat luas mengenai isu-isu air dunia yang menjadi perhatian kritis;
  • Untuk mendukung pendalaman diskusi menuju penyelesaian permasalahan air internasional;
  • Untuk menyediakan platform untuk bertukar pandangan, informasi dan pengetahuan mengenai isu-isu terkini dan informasi terkait air global;
  • Untuk menyajikan pengetahuan tentang penilaian air global, tantangan dan solusi potensial;
  • Untuk menghasilkan komitmen politik untuk perbaikan pengelolaan air.

Forum Air Dunia berupaya semaksimal mungkin untuk mempertemukan seluruh pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang geografis dan sektoral untuk berdiskusi secara terbuka.

BACA JUGA:5 Buku Viral Di Indonesia Mei Tahun 2024 : Terobosan Literasi Indonesia

Demikianlah penjelasan mengenai World Water Forum. Diharapkan dengan adanya World Water Forum ini krisis air di berbagai belahan dunia bisa diselesaikan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: