Viral Sunan Kalijaga Wali Setan, di Ceramah Ustad Firanda, Ada Klarifikasi Video Dipotong

Viral Sunan Kalijaga Wali Setan, di Ceramah Ustad Firanda, Ada Klarifikasi Video Dipotong

Radarcirebon.com - Sunan Kalijaga Wali Setan, viral di media sosial. Disebut bahwa ceramah tersebut telah dipotong dari aslinya, sehingga seolah-olah menjadi penghinaan kepada para wali.

Dalam video yang dipotong disebutkan Sunan Kalijaga Wali Setan, karena cara menjadi wali adalah dengan bertapa di sungai dengan tidak salat dan tidak makan.

Ustad Firanda dalam ceramahnya,lantas menyebut cara demikian menjadi wali tidak benar.

\"Kalau begitu cara jadi wali, itu wali setan. Kalau begitu caranya,\" kata dia.

Video yang dipotong tersebut, viral di Tiktok dan banjir kecaman.

Sementara dalam klarifikasi yang dimuat di Youtube Cahaya Islam, disebutkan bahwa video yang terkesan menghina Sunan Kalijaga dan menyebutnya wali setan.

\"Telah beredar video yang dipotong oleh pecinta Wali Majdub di mana Ustad Dr Firanda Andirja MA difitnah seakan-akan menghinan Sunan Kalijaga dengan ucapan wali setan.

Menurut klarifikasi tersebut, Ustadz Dr Firanda berkata: Kalau mau jadi wali seperti yang di film-film bertapa bertahun-tahun tidak salat, maka itu wali setan,\" tulis keterangan video tersebut.

Dalam ceramah itu, ustad Firanda menjelaskan, banyak kisah tidak shahih yang beredar di masyarakat, sehingga tidak tahu kebenarannya dan bak dongeng dalam film atau buku cerita.

\"Syarat jadi wali, bukan harus sakti,\" katanya.

Dalam video yang dipotong disebutkan ada sebuah pertanyaan seperti berikut: Apa Wali Songo yang ada dulu termasuk Wali Allah?

Ustad Firanda menjawab, dirinya tidak tahu. Dia mencotohkan film yang ada adegan Sunan Kalijaga menjadi wali dengan bertapa tidak salat.

\"Kalau begitu cara jadi wali, itu wali setan. Kalau begitu caranya,\" kata dia.

Menurut Kanal tersebut, video itu telah dipotong. Karena aslinya tidak demikian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: