Tokoh Masyarakat Bali Apresiasi Kinerja Risma: Program Kemensos Sudah On the Track

Tokoh Masyarakat Bali Apresiasi Kinerja Risma: Program Kemensos Sudah On the Track

DENPASAR - Berbeda dengan kepala atau tokoh daerah lainnya, pujian dan apresiasi kepada Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini disampaikan dari  Tokoh masyarakat Bali Anak Agung Gde Agung.

Dia menilai bahwa Tri Rismaharini mengambil lankah cepat dalam membantu masyarakat Bali yang terdampak bencana gempa bumi beberapa hari yang lalu.

“Saya sebagai perwakilan masyarakat Bali sangat mengapresiasi kunjungan Ibu Mensos. Beliau datang langsung ke lokasi bencana, menemui warga dan menyalurkan bantuan,” kata Gde Agung di Bali, dikutip dari FIN, Kamis (21/10).

Menurut Gde, gaya kepemimpinan Mensos patut menjadi referensi para pemangku kebijakan baik di daerah maupun di pusat, karena mempunyai sense of crisis yang tinggi.

“Bu Mensos tidak canggung melintasi danau dengan perahu. Dia bertemu langsung dan mendengarkan dengan sabar aspirasi warga,” kata anggota Komite lll Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI tersebut.

Dari diskusi di lokasi bencana seperti di Desa Trunyan, Mensos langsung mengeksekusi berbagai keputusan yang memberikan solusi dan manfaat.

Seperti menginstruksikan pendirian lumbung sosial, tenda untuk relokasi warga dan juga menawarkan bantuan perahu.

Kebiasaan Mensos yang kerap langsung terjun ke lapangan, menurut Gde Agung, membawa kelebihan tersendiri.

\"Dengan cara tersebut justru membuat masalah bisa dipotret langsung di lokasi kejadian tanpa prosedur panjang,” katanya.

Gde Agung memastikan, Komite III DPD RI telah dan akan terus menjalin kerja sama dengan Kementerian Sosial.

“Kerja sama dengan Kementerian Sosial akan terus terjalin dengan baik. Bahkan ke depan, kedua pihak harus meningkatkan sinergi. Karena permasalahan sosial ini begerak dinamis sejalan dengan dampak pandemi yang menimbulkan berbagai permasalahan termasuk kemiskinan,” katanya.

DPD RI akan terus mendukung dan melakukan pengawasan terhadap berbagai program Kemensos.

“Program Kemensos di bawah Bu Risma sudah on the track. DPD memastikan akan terus mendukung Bu Risma,” katanya.

Perlu diketahui, bantuan sosial dari Kemensos untuk Provinsi Bali total sebesar Rp474 miliar. Bantuan terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp214,8 miliar dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako sebesar Rp259,2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: