Majalengka Raih Penghargaan Kerajinan Terbaik

Majalengka Raih Penghargaan Kerajinan Terbaik

BANDUNG - Kabupaten Majalengka meraih penghargaan kerajinan terbaik Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat pada Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) dan Karya Kreatif Jabar (KKJ) tahun 2021.

Gelaran acara sinergi PKJB dan KKJB 2021 itu berlangsung sejak tanggal Jumat-Minggu (2-4/4) kemarin di Atrium Trans Studio Mall Bandung  dan dibuka oleh Gubernur Ridwan Kamil.

Event tersebut mengusung tema “Sinergi Mengembangkan Kreativitas Menuju UKM Jabar Teratas” dengan tagline #UKMJabarPaten.

Ketua Dekranasda Kabupaten Majalengka, Hj Dedeh Nurhayati Karna Sobahi MPd, mengungkapkan dalam kegiatan ini terdapat 73 stand Usaha Kecil Menengah (UKM) perwakilan dari setiap Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dengan produk yang ditampilkan dari berbagai macam produk kriya.

\"Selain itu produk tekstil, kuliner, fashion, kopi dan industri kreatif serta mitra binaan Bank Indonesia (BI) di Jabar dan Dekranasda Jabar. Alhamdulillah produk kita (Majalengka) mendapatkan hasil maksimal,\" kata Dedeh.

Disamping itu, ditampilkan pula pemutaran video pariwisata, tarian, fashion show, lomba-lomba, talkshow akses pembiayaan dan business matching.

Dedeh mengungkapkan pada event tersebut Kabupaten Majalengka patut berbangga, karena telah berhasil meraih penghargaan \"Booth Terbaik Kategori Kerajinan\" yang diserahkan oleh Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat.

Produk Kabupaten Majalengka yang dipromosikan pada event tersebut di antaranya hasil kerajinan rotan dan kayu, kerajinan bambu, tenun gadod, batik, batu alam, gerabah dan aksesori lainnya.

\"Harapan kami, semoga produk-produk yang dihasilkan mempunyai daya saing kompetitif di pasaran baik di tingkat lokal, regional, nasional, bahkan sampai internasional,\" harapnya.

Gubernur Jawa Barat H Ridwan Kamil dalam sambutannya berharapan dengan diadakannya kegiatan itu bisa mendongkrak daya beli masyarakat untuk berbelanja, sekaligus cinta dan bangga terhadap produk hasil daerah yang menjadi daya tarik kabupaten/kota. Yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

\"Membeli produk lokal berarti bela negara dengan membantu UKM untuk maju dan berkembang,” kata Ridwan Kamil.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM H Teten Masduki mengatakan dalam rangka mendukung Gernas BBI 2021, Kementerian Koperasi dan UKM mendapat tugas sebagai Movement Manager bermitra dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai Key Opinion Leader/Brand Ambassador Gernas BBI.

\"Saya percaya, UMKM kita tetap layak menyandang peran sebagai pahlawan ekonomi bangsa. Kualitas serta kekhasan yang ditawarkan terus bertumbuh setiap harinya,\" imbuhnya.

Namun demikian perlu sinergi dan kolaborasi dari seluruh pihak tetap krusial dalam mendampingi dan memastikan UMKM kita hadir sebagai juara dan kebanggaan bangsa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: