Upah Perajin Tali Pandan Cuma Rp20 Ribu

Upah Perajin Tali Pandan Cuma Rp20 Ribu

MAJALENGKA - Sudah puluhan tahun warga Blok Sindangsari RT 12 RW 01 Desa Jagamulya Kecamatan Malausma menjadi perajin tali tambang berbahan dasar daun pandan. Panas terik matahari tak menjadi hambatan bagi mereka untuk mencari penghasilan demi memenuhi kebutuhan setiap harinya.

Seperti yang dilakukan Iyah. Di usianya yang sudah 57 tahun, dia bersama dua orang lainnya  memutarkan alat sederhana dari kayu untuk menyambungkan daun pandan.

\"Saya memutar alat ini harus berjalan dengan posisi mundur hingga puluhan meter. Setelah selesai kembali lagi dan mengulanginya terus dan terus lagi,\" terangnya.

Setiap hari daun pandanseberat 10 kilo dikirim dari salah satu pemilik tali tambang. Untuk satu kilonya dihargai Rp6.000 rupiah. “Karena pengerjaannya dilakukan tiga orang, bisa diselesaikan dalam satu hari. Sehari kita diupahi Rp60 ribu, dan dibagi tiga orang. Jadi untuk satu orang kita mendapat Rp20 ribu,\" ujarnya.

Iyah berharap agar upahnya bisa meningkat karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun demikian ia tetap bersyukur bisa menghasilkan daripada hanya berdiam di rumah tidak ada kegiatan. \"Harapan besar bisa ada kenaikan upah kita sebagai pekerja peerajin tali tambang,\" harapnya. (iim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: