PKK Bantarujeg Siap Lolos ke Provinsi

PKK Bantarujeg Siap Lolos ke Provinsi

MAJALENGKA - Dari enam Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka, Kecamatan Bantarujeg yang terdiri dari 13 desa, Desa Sindanghurip menjadi yang terbaik dalam pengelolaan 10 Program Pokok PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), Jumat (12/3).

Dalam hal ini Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bantarujeg Eneng Badriah melakukan pembinaan untuk mempersiapkan TP PKK Sindanghurip supaya bisa mewakili kecamatannya menjadi desa yang terbaik. Di antara desa lain yang nanti hanya satu desa yang masuk dan dipilih oleh tingkat PKK Kabupaten setelah dilakukanya penilaian dan evaluasi terkait dengan 10 Program Pokok PKK.

\"Semoga PKK yang ada dikecamatan kami bisa terpilih dan nantinya bisa masuk ke tingkat provinsi,\" katanya

Ada enam kecamatan yang berlomba untuk bisa menduduki peringkat satu yakni Kecamatan Ligung (Desa Beber), Bantarujeg (Desa Sindanghurip), Sukahaji (Desa Padahanten), Cingambul (Desa Muktisari), Malausma (Desa Banyusari) dan Banjaran (Desa Suniabaru).

Untuk pelaksanaannya Eneng menyampaikan tidak seperti dulu seremonial karena sekarang dihadapkan dengan pandemi Covid-19. \"Jadi langsung bergerak ke kelompok binaan masing-masing pokja,\" tuturnya.

Adapun bidang sesuai dengan kelompok kerja. Pokja satu itu pola asuh mendidik pola anak dan remaja. Pokja dua Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) semacam koperasi dibantu ke usaha pengusaha kecil. Pokja tiga rumah sehat dan pemanfaatan lahan perkarangan. Pokja empat posyandu dan pelayanan kesehatan, karena di setiap bidang pokja harus mempunyai unggulan.

Selain itu Eneng menyebut untuk Bantarujeg sendiri juara ke dua posyandu tingkat kabupaten. \"Dan sekarang tinggal penilaian 10 program program PKK,\" tambahnya.

Ketua TP PKK Desa Sindanghurip Heni Susilawati Amd Kep saat ditemui usai kegiatan menjelaskan, bermula dari kesiapan sampai dengan dilakukannya rechecking oleh TP PKK kecamatan yang mencakupi kelompok kegiatan, rumah sehat sampai dengan posyandu turun langsung ke lapangan terkecuali untuk sekretaris dan bendahara dilakukan di sekretariat PKK desa.

\"Kita diwawancarai, dinilai administrasinya sampai dengan peninjauan le lapangan,\" kata Heni.

Tentunya dia berharap pandemi Covid-19 tidak menghalangi semangat PKK yang ada di desanya bisa menjadi yang terbaik dan bisa masuk ke kabupaten yang mana nanti ke tingkat provinsi untuk membawa nama baik Kabupaten Majalengka.

\"Suatu kebanggaan bagi kita jika nanti bisa sampai terpilih, makanya kita akan maksimalkan sebisa dan sebaik mungkin,\" katanya. (iim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: