Kenali Deretan Manfaat Yang Terkandung Dalam Lokio Ternyata Menyehatkan Tubuh

Selasa 28-05-2024,13:00 WIB
Reporter : Taufik Urrohman
Editor : Taufik Urrohman

RADARMAJALENGKA.COM - Lokio atau dikenal juga dengan bawang batak bisa ditemukan hampir di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, lokio sering digunakan sebagai bumbu masakan, terutama makanan khas batak. Selain menambah cita rasa, sayuran ini juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada beragam manfaat lokio untuk kesehatan tubuh, seperti:

BACA JUGA:Jenis Pisang Ini Cocok Dijadikan Cemilan Manis Nan Enak, Apa Saja Ya?

1. Mengontrol tekanan darah

Selain mencegah risiko terjadinya kanker, kandungan antioksidan dalam lokio juga mampu mengontrol tekanan darah. Manfaat ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang menyatakan bahwa sifat antioksidan dalam vitamin C cukup efektif untuk menurunkan tekanan darah, karena sifat diuretik nya.

2. Meningkatkan daya ingat

Berkat kandungan kolin, folat, dan antioksidan di dalamnya, lokio bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi makanan yang mengandung kolin dapat memelihara kesehatan dan fungsi otak. Hal ini juga diperkuat dengan fakta bahwa asupan kolin yang rendah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer. Selain itu, folat juga memiliki hubungan erat dengan gangguan otak dan suasana hati. Oleh karena itu, kombinasi antara folat dan kolin pada lokio dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan otak.

3. Mencegah risiko terjadinya kanker

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa lokio mampu mencegah risiko kanker. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid dan saponin di dalamnya, yang merupakan antioksidan dan bersifat anti proliferasi. Kedua senyawa aktif tersebut mampu melawan pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Mencegah osteoporosis

Lokio juga bermanfaat dalam mencegah osteoporosis. Manfaat lokio ini diperoleh dari kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi di dalamnya. Meski lokio mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tulang, Anda tetap disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin K lain agar pencegahan osteoporosis lebih optimal. 

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Makan Nasi Ayam di Semarang, Paling Gurih dan Kaya Rempah

5. Melancarkan pencernaan

Berkat kandungan antioksidan dan serat, lokio juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam lokio akan memperlancar pergerakan usus. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan beberapa masalah pencernaan, seperti diare dan disentri. Kandungan antioksidan pada lokio bahkan mampu mencegah terjadinya kanker usus besar. Itulah beberapa manfaat lokio yang menyehatkan bagi tubuh.

Kategori :