Manfaat Internet Starlink di Indonesia, Apakah Benar Hanya Menguntungkan Elon Musk?

Jumat 24-05-2024,06:24 WIB
Reporter : Ahmad Denis Fayumi
Editor : Ahmad Denis Fayumi

RADARMAJALENGKA.COM - Pakar telekomunikasi sekaligus keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengungkapkan sejumlah manfaat internet Starlink yang baru saja diresmikan di Indonesia.

Alfons menerangkan ada beberapa pihak yang mendapatkan keuntungan dari hadirnya Starlink di Indonesia. Pertama yakni Elon Musk selaku pemilik perusahaan antariksa SpaceX yang menyediakan layanan internet berbasis satelit tersebut.Starlink yang akan mendapatkan keuntungan finansial terbesar dari bisnis internet.

Alfons beralasan kalau Starlink diuntungkan karena perusahaan Elon Musk itu memiliki faktor kunci seperti infrastruktur. Namun meluncurkan ribuan satelit jenis low earth orbit (LEO) seperti Starlink perlu terobosan teknologi besar, di samping risiko dan dana yang harus diinvestasikan.

BACA JUGA:Kini Starlink Hadir Di Indonesia! Ini Permintaan Pemerintah ke Elon Musk

Meskipun untung, Starlink masih ada hambatan karena setiap satelit memiliki umur pakai. Jika tidak dimonetisasi dengan efektif, Alfons menilai perusahaan akan sangat berpotensi mengalami kerugian dari investasi yang telah dilakukan.

Selain Elon Musk, Alfons mengatakan kalau warga Indonesia juga adalah pihak yang menerima manfaat Starlink. Ia berpandangan kalau hadirnya koneksi internet itu lebih bermanfaat karena bisa meningkatkan ekonomi digital sekaligus berkontribusi dalam PDB Indonesia.

Mengutip data INDEF, Alfons mengungkapkan kontribusi ekonomi digital terhadap GDP Indonesia pada tahun 2018 adalah Rp 814 triliun atau menambah 5,5 persen dari GDP. Ekonomi digital turut menambahkan 4,5 persen kesempatan kerja baru atau sekitar 5,7 juta kesempatan kerja.

BACA JUGA:Sunah-Sunah Rasulullah SAW Di Malam Jum’at, SIMAK ULASANNYA!

"Cakupan internet pada tahun 2018 jelas di bawah hari ini dan jelas akan lebih luas lagi dan optimal dengan beroperasinya LEO dengan biaya yang sangat minim, dibandingkan harus membangun jaringan fiber dan tower di seluruh wilayah Indonesia," tuturnya.

Ia kembali menegaskan kalau Elon Musk memang menjadi pihak yang diuntungkan dengan peluncuran Starlink ke Indonesia. Namun bukan berarti masyarakat RI juga tidak mendapatkan manfaat Starlink.

"Starlink memang menikmati keuntungan langsung menyediakan layanan internet untuk masyarakat Indonesia, tetapi keuntungan yang didapatkan masyarakat Indonesia dan pemerintah atas terkoneksinya daerah yang selama ini sulit mendapatkan koneksi internet jauh lebih besar dan berlipat dibandingkan keuntungan yang didapatkan oleh Starlink," pungkasnya.

 

Kategori :

Terpopuler