RADARMAJALENGKA.COM - Di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, tantangan dalam dunia ketenagakerjaan semakin kompleks.
Banyak masyarakat yang masih belum mendapatkan kesempatan dan peluang yang sama dalam mencari pekerjaan, mengikuti pelatihan, mendapatkan sertifikat, bahkan membangun bisnis.
Selain itu, layanan ketenagakerjaan yang sudah ada belum banyak yang memiliki fasilitas dan fitur yang lengkap. Namun, Indonesia memiliki potensi ketenagakerjaan yang sangat produktif.
Mengenali kebutuhan akan transformasi dalam sektor ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia memperkenalkan Siap Kerja.
Siap Kerja adalah suatu ekosistem digital yang menjadi platform bagi segala jenis layanan publik dan aktivitas bidang Ketenagakerjaan, baik di pusat maupun daerah.
Tujuan utama Siap Kerja adalah untuk memfasilitasi, mempersiapkan, mematangkan, dan memberi peluang kepada masyarakat agar dapat mewujudkan efektivitas dan kapabilitas dalam bidang ketenagakerjaan.
BACA JUGA: Selain Melancarkan Pencernaan, Ini Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya Untuk Kesehatan Kamu
Layanan Siap Kerja
Siap Kerja hadir dengan berbagai layanan yang dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat dalam hal ketenagakerjaan.
1. Skill Home Skill Have
Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian para pekerja dengan mengikuti pelatihan sesuai bidang yang diinginkan. Melalui Skill Home Skill Have, masyarakat dapat mengembangkan keterampilan mereka sesuai dengan permintaan pasar kerja.
2. KarirHam
KarirHam adalah layanan yang memungkinkan pencari kerja untuk mencari lowongan pekerjaan, proyek lepas, dan mendapatkan informasi seputar karir. Dengan adanya KarirHam, masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi tentang peluang kerja yang tersedia.
3. Sertifikasi
Layanan ini ditujukan untuk masyarakat yang sudah mempunyai keahlian profesional di bidang tertentu. Dengan mengikuti program sertifikasi, para pekerja dapat meningkatkan kredibilitas dan kompetensi mereka di mata pemberi kerja.