Wajib Coba! Ini Dia Kuliner Khas Majalengka Yang Lezat Dan Wajib Untuk Dicoba

Wajib Coba! Ini Dia Kuliner Khas Majalengka Yang Lezat Dan Wajib Untuk Dicoba

Kuliner khas Majalengka -Detik.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Di antara berbagai daerah yang tersebar di Jawa Barat, nama Majalengka belakangan ini cukup populer karena massive-nya perkembangan di sana. Selain menyimpan kekayaan alam yang indah, Majalengka juga ternyata punya sederet makanan khas yang menggugah selera. Majalengka sendiri merupakan salah satu daerah yang kerap dilalui ketika kita hendak menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur dari arah Ibu Kota Jakarta. Di bawah ini adalah beberapa kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Majalengka:

1. Ampas Kecap

Makanan ini terbuat dari sisa kacang kedelai sisa hasil pemrosesan pembuatan kecap. Warnanya hitam dan rasanya gurih, makanan ini nikmat dikonsumsi pada siang hari. Banyak warung makan sunda yang menyediakan lauk ampas kecap ini, karena makanan ini merupakan salah satu makanan yang favorit.

2. Jalakotek

Jalakotek merupakan cemilan khas Majalengka berbahan dasar aci dan tahu yang sudah dibumbui. Makanan ini mirip dengan kue pastel dan paling nikmat disantap jika masih keadaan hangat, ditemani dengan minuman es teh manis.

3. Kecap Majalengka

Kecap Majalengka ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Selain rasanya yang manis dan gurih, daerah tersebut juga menjadikannya sebagai ikon selain mangga gedong gincu. Dengan banyaknya berbagai merek, kecap ini cukup melegenda hingga saat ini. Kecap Majalengka bisa di temukan di pasar tradisional di daerahnya dan juga di toko oleh – oleh.

4. Mangga Gedong Gincu

Dengan rasanya yang manis segar dan bentuk serta warnanya yang menggemaskan, mangga gedong gincu ini telah menjadi industri di Kabupaten Majalengka. Mangga gedong gincu merupakan salah satu ikon Majalengka selain kecap. Buah ini juga sudah diekspor ke berbagai negara seperti Arab Saudi, Jepang, Korea dan lain sebagainya.

5. Oncom Goreng

Oncom goreng khas Majalengka berbeda dengan oncom goreng yang dijual di Bandung. Apabila oncom goreng Bandung bentuknya besar dan dilapisi dengan terigu, sementara yang di Majalengka bentuknya lebih kecil dan memakai bumbu serta bawang goreng. Oncom goreng ini enak dinikmati sebagai pendamping mi ayam atau bakso. Cukup mudah untuk menemukan oncom goreng ini karena dijual di pasar tradisional maupun toko oleh – oleh. Sesuai namanya yang terbuat dari oncom. Oncom bentuknya seperti tempe tapi berwarna merah kejinggaan karena terbuat dari kacang tanah dan di fermentasi oleh bakteri yang berbeda dengan bakteri pada tempe. Oncom goreng ini rasanya enak dan gurih. Cocok dijadikan camilan atau lauk untuk makan. Demikian tadi beberapa kuliner khas Majalengka yang cocok dibawa pulang sebagai buah tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: