SUKSES dengan Arus Mudik - Balik, TOL CISUMDAWU Kapan Dibuka Penuh?

SUKSES dengan Arus Mudik - Balik, TOL CISUMDAWU Kapan Dibuka Penuh?

Tol Cisumdawu kapan dibuka secara penuh? Simak penjelasannya pada artikel berikut.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COMTol Cisumdawu sukses digunakan untuk arus mudik dan balik lebaran 2023, lalu kapan akan dibuka penuh dan beroperasi dari Bandung - Kertajati?

Pertanyaan Jalan Tol Cisumdawu kapan dibuka penuh tentu dikarenakan sudah banyak pihak yang menantikan.

Termasuk Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, yang sangat tergantung dengan konektivitas dari Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan.

Melihat dari progres konstruksi yang tersisa sejauh ini, tentu saja target untuk selesai pad akhir Mei atau awal Juni nanti terlihat optimis bakal tercapai.

BACA JUGA:MAJALENGKA Punya Kebun Teh Loh, Ada di Cipasung, Rute Favorit Bersepeda

Untuk Jalur A, sebagian besar ruas Tol Cisumdawu sudah tuntas dan digunakan untuk arus mudik dan balik lebaran 2023.

Kecuali pada ruas dekat Jembatan Conggeang Seksi 5A, yang sempat terjadi longsor dan dilakukan penanganan menggunakan bore pile.

Sedangkan untuk ruas lainnya pada Jalur A relatif sudah tuntas dan ketika beroperasi fungsional dapat diandalkan saat arus mudik maupun balik.

Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), sedikitnya 50 ribu kendaraan telah melintasi ruas fungsional sepanjang 28,2 kilometer saat masa mudik – balik lebaran.

BACA JUGA:MUSIM KAWIN! Usai Lebaran 2023, Banyak Warga Majalengka Urus Andon Nikah

Rata-rata waktu tempuh dari Cileunyi sampai dengan Kertajati yang terhubung ke Tol Cipali juga hanya 1 jam, dengan kecepatan sekitar 60 – 70 kilometer per jam.

Terkait Tol Cisumdawu kapan dibuka penuh, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menargetkan pada akhir Mei atau paling lambat awal Juni pekerjaan sudah tuntas seluruhnya.

"Akhir Mei atau selambat-lambatnya awal Juni," kata Menteri PUPR, seperti dilansir dari laman BPJT.

Disampaikan Basuki, pada awal Juni nanti diharapkan seluruh ruas jalan tol sepanjang hampir 62 kilometer tersebut dapat beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: