Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Ketahanan Pangan di Desa Gumulung Tonggoh

Rabu 07-08-2024,12:46 WIB
Reporter : Ono Cahyono
Editor : Ono Cahyono

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM - Mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan rumah di aula desa Gumulung Tonggoh Kecamatan Greged kabupaten Cirebon.

 

Ketua pelaksana, Levan Al Zakie mengatakan kegiatan dengan tema 'Optimalisasi Pekarangan Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga' bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan yang berkelanjutan.

 

Pemanfaatan pekarangan rumah, pemaparan tentang cara memanfaatkan lahan pekarangan yang terbatas untuk bercocok tanam berbagai jenis tanaman pangan seperti sayuran dan buah-buahan.

 

"Pemanfaatan lahan pekarangan juga menambah ketahanan pangan di Desa Gumulung Tonggoh. Kegiatan ini dilaksanakan agar warga bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam benih yang nantinya menghasilkan dan untuk ketahanan pangan dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia,” ujar Levan.

 

Sementara itu, salah seorang pemateri Hasan Basuni menjelaskan masyarakat diberikan teknik bertani organik, workshop singkat tentang teknik bertani organik yang ramah lingkungan dan ekonomis.

 

"Pembuatan pupuk kandang/organik, pelatihan pembuatan pupuk organik dari kotoran hewan untuk mendukung pertumbuhan tanaman," beber Hasan.

 

Pemanfaatan pekarangan rumah juga bisa seperti distribusi bibit tanaman, pembagian bibit tanaman sayuran seperti kangkung, tomat dan cabai yang secara langsung dibagikan kepada peserta untuk langsung diaplikasikan di pekarangan masing-masing. 

 

“Kita menanam dengan benih kecil dan benih besar, untuk benih besar bisa langsung ditanam di polybag sementara untuk benih kecil dengan menyemai menggunakan aqua gelas atau wadah lainnya yang dibentuk tabung,” tambah Hasan.

Kategori :