Alasan Tol Cisumdawu Sangat Penting untuk Bandara Kertajati, Maskapai Berpikir 2 Kali

Alasan Tol Cisumdawu Sangat Penting untuk Bandara Kertajati, Maskapai Berpikir 2 Kali

Alasan Tol Cisumdawu penting untuk BIJB Kertajati karena menyangkut akses Bandung - Majalengka. -Baehaqi-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu sangat penting untuk Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten MAJALENGKA. Tanpa akses Tol tersebut, benar-benar sulit berkembang.

Di tahun 2019, pemerintah pernah memindahkan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke BIJB Kertajati. Mulanya berlangsung mulus dan sudah membuka rute penerbangan hingga 12 destinasi. 

Tetapi, karena belum didukung dengan akses Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, operasional bandara pun tersendat. Okupansi penumpang juga terus menurun. 

Ditambah badai pandemi covid-19, yang membuat Bandara Kertajati kian terpukul. Begitu juga maskapai penerbangan. Pasalnya diberlakukan beragam pembatasan. 

BACA JUGA:SIAP-SIAP! Tol Cisumdawu Jadi, Penerbangan Bandara Husein Pindah ke BIJB Kertajati Majalengka

Namun sebentar lagi kendala akses sepertinya bakal tuntas. Mengingat Tol Cisumdawu bakal segera beroperasi. Saat ini, konstruksi sudah memasuki tahap akhir. 

Diperkirakan Juni 2023, Tol Cisumdawu bakal benar-benar beroperasi penuh setelah pembangunannya tuntas. Sehingga dapat mempersingkat perjalanan dari Bandung ke Bandara Kertajati. 

Direktur PT BIJB (Perseroda), Muhammad Singgih mengungkapkan, setelah Tol Cisumdawu jadi, diharapkan maskapai mengikuti untuk pindah ke Majalengka. 

Apalagi, saat ini sudah ada AirAsia yang mendahului membuka rute penerbangan seminggu 2 kali Kertajati - Kuala Lumpur (pulang pergi) setiap Rabu dan Minggu.

BACA JUGA:Kisah Pedagang Batagor Bangun Rumah Mewah Rp700 Juta di Malausma Majalengka, Luar Biasa

Singgih juga meyakinkan bahwa BIJB Kertajati bisa melayani masyarakat yang akan bepergian bahkan untuk internasional. Beberapa waktu yang lalu, juga telah menerbangkan umrah, dan akan diikuti haji.

“Tidak lama lagi juga seiring dengan Tol Cisumdawu, penerbangan jet dari Kertajati akan dimulai,” tutur Singgih.

Karenanya, dia juga meminta kepada seluruh elemen untuk membantu promosi Bandara Kertajati. Bahwa sekarang seminggu 2 kali sudah ada penerbangan AirAsia dari Kertajati ke Kuala Lumpur.

“Tolong untuk dipromosikan kepada semuanya yang ada, bahwa penerbangan dari Bandara Kertajati telah dimulai secara rutin. Untuk AirAsia akan dimulai mulai Hari Rabu dan Minggu,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: