SIAP-SIAP! Tol Cisumdawu Jadi, Penerbangan Bandara Husein Pindah ke BIJB Kertajati Majalengka

SIAP-SIAP! Tol Cisumdawu Jadi, Penerbangan Bandara Husein Pindah ke BIJB Kertajati Majalengka

Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara diharapkan pindah ke BIJB Kertajati Majalengka setelah Tol Cisumdawu jadi.-BIJB-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Progres pembangunan Tol Cisumdawu yang mendekati selesai, akan diikuti dengan optimalisasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati MAJALENGKA.

Rencananya, maskapai yang beroperasi di Bandara Husein Sastranegara akan pindah ke BIJB Kertajati Majalengka secara bertahap.

Terkait pemindahan ini, sebenarnya sudah lama direncanakan. Pada Januari 2023, Gubernur Jabar, M Ridwan Kamil juga mengungkap rencananya untuk mengoptimalkan BIJB Kertajati.

Diawali dari pemindahan pesawat bermesin jet ke BIJB Kertajati, kemudian diikuti pesawat proppeler atau baling-baling.

BACA JUGA:Perbandingan Penumpang AirAsia di 2 Penerbangan Rute Kertajati - Kuala Lumpur, Simak Selengkapnya

Tidak hanya itu, Bandara Kertajati akan dijadikan pusat untuk pemberangkatan jemaah umrah dari Jabar yang jumlahnya sangat banyak.

Saat ini, pemberangkatan umrah tersebut masih terkonsentrasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Padahal, potensi jemaah umrah dari Jawa Barat sedemikian besarnya.

Pemindahan penerbangan dari Bandara Kertajati sebenarnya bukan sekali ini dilakukan. Pada tahun 2019, bandara ini sudah mengoperasikan penerbangan domestik hingga 12 rute.

Sayangnya, karena belum didukung akses Jalan Tol Cisumdawu, banyak penumpang yang enggan ke Bandara Kertajati.

BACA JUGA:MANTAP! Penerbangan Kuala Lumpur - Kertajati Mulai Ramai, Angkut 108 Penumpang dari Malaysia

Mengingat perjalanan ketika itu, membutuhkan waktu setidaknya 3 jam, bahkan lebih dari itu.

Ditambah dengan pandemi covid-19 yang pada akhirnya membuat seluruh penerbangan terjadwal tersebut satu per satu berguguran.

Karenanya, seiring selesainya pembangunan Tol Cisumdawu yang ditargetkan akhir Mei dan mulai beroperasi pada awal Juni, rencana pemindahan penerbangan tersebut kembali disampaikan.

Direktur PT BIJB (Perseroda), Muhammad Singgih berharap maskapai segera pindah dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke Bandara Kertajati Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: