UPDATE TOL CISUMDAWU: Konstruksi Seksi 4 Selesai, Seksi 5 Kejar Tayang, Bisa untuk Mudik? Simak Kata CKJT

UPDATE TOL CISUMDAWU: Konstruksi Seksi 4 Selesai, Seksi 5 Kejar Tayang, Bisa untuk Mudik? Simak Kata CKJT

Update Tol Cisumdawu terkini berdasarkan keterangan dari PT CKJT.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJBT) pengusahaan Tol Cisumdawu, menyampaikan update terkait dengan proyek tersebut.

Pada update yang disampaikan Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, Bagus Medi, terungkap bahwa Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan masih dalam proses konstruksi.

Adapun perkembangan terkini, Jalan Tol Cisumdawu di Seksi 4 sudah selesai konstruksi. Sedangkan di Seksi 5 masih dalam tahap penyelesaian.

"Seksi 5 kejar tayang karena ada pembangunan jembatan sepanjang total 1,90 kilometer," kata Bagus Medi, yang menerima kunjungan dari Manajemen PT BIJB beserta maskapai dan Ground Handling Bandara Kertajati.

BACA JUGA:NAIK KELAS! Daffa Fasya Masuk Timnas Indonesia Senior, Majalengka Ikut Bangga

Menurut dia, target penyelesaian konstruksi Tol Cisumdawu adalah di Bulan April. Sedangkan fungsional di Bulan Mei. Sebagai BUJT pihaknya berharap agar pada akhir Mei 2023 sudah bertarif secara penuh pada Seksi 4, 5 dan 6.

"Selaku BUJT kita inginnya langsung bertarif. Tapi biasanya pemerintah menggratiskan dulu. Jadi kita ikut regulasi pemerintah saja. Tapi lebih cepat lebih baik, kalau bisa akhir Mei sudah bertarif," tuturnya.

Pada update perkembangan terbaru, Bagus menyampaikan, saat ini Seksi 4 sudah selesai konstruksi, begitu juga di Seksi 6. Praktis pekerjaan menyisakan di Seksi 5.

Sebagai informasi, Seksi 5 Tol Cisumdawu memiliki panjang jalan 14,90 kilometer dan berperan menghubungkan ruas di Cimalaka sampai dengan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:UPDATE! PT CKJT Ungkap Ada 1,90 Kilometer Jembatan di TOL CISUMDAWU Dekat Majalengka, Pantas Lama

Meski di Seksi 4 dan 6 sudah selesai konstruksi, tetapi tidak bisa dilakukan operasi meski berstatus fungsional, karena ruas jalannya belum terhubung.

Seperti diketahui, pada kunjungan ke kantor PT CKJT, manajemen PT BIJB, maskapai dan ground handling menanyakan perkembangan Tol Cisumdawu terkini.

Sebab, semula PT BIJB merencanakan pembukaan kembali penerbangan domestik di Bandara Kertajati dengan setidaknya 12 rute.

Sejumlah maskapai juga sudah menyatakan minat untuk kembali terbang dari Bandara Kertajati Kabupaten Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: