Tak Perlu Bolak-balik ke Kantor BPN, Warga Jakarta Nikmati Kemudahan Urus Sertipikat via Sentuh Tanahku

Tak Perlu Bolak-balik ke Kantor BPN, Warga Jakarta Nikmati Kemudahan Urus Sertipikat via Sentuh Tanahku

Aplikasi Sentuh Tanahku milik Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) semakin dirasakan manfaatnya-Dok-Istimewa

RADARMAJALENGKA.COM-JAKARTA – Mengurus sertipikat tanah kini tak lagi identik dengan antrean panjang dan kunjungan berulang kali ke kantor pertanahan.

Aplikasi Sentuh Tanahku milik Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama warga kota besar dengan mobilitas tinggi.

Fitria, warga Jakarta Barat, menjadi salah satu pengguna yang telah merasakan langsung kemudahan layanan digital ini saat mengurus proses peningkatan hak milik.

BACA JUGA:Digitalisasi Layanan Pertanahan Jadi Kunci ATR/BPN Tekan Konflik Agraria, Wamen Ossy Tegaskan Komitmen

“Setelah download Sentuh Tanahku, saya bisa memantau proses berkas saya. Tidak perlu bolak-balik ke BPN untuk mengecek berkas, cukup buka aplikasi saja. Nanti kalau selesai akan ada notifikasi,” ujar Fitria, Kamis (30/10/2025).

Awalnya, Fitria mendatangi Kantor Pertanahan untuk menanyakan persyaratan dokumen. Saat itulah ia disarankan menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku agar bisa memantau proses secara digital.

Melalui fitur “Sertipikatku”, Fitria dapat mengecek sertipikat elektronik miliknya, sementara fitur “Antrian Online” membantu mempercepat layanan tanpa harus menunggu lama di lokasi.

“Semoga aplikasinya makin cepat dan masyarakat semakin mudah mengurus dokumen pertanahan,” harapnya.

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Raih CNN Indonesia Award 2025 Berkat Sukses Program Reforma Agraria dan Digitalisasi Layan

Sentuh Tanahku hadir sebagai solusi digital layanan pertanahan yang lebih cepat, transparan, dan efisien. Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat memantau proses dokumen, mendapatkan informasi layanan, hingga mengatur antrean tanpa harus meninggalkan kesibukan sehari-hari.

Inovasi ini menjadi bagian dari komitmen Kementerian ATR/BPN dalam menghadirkan pelayanan modern dan mudah diakses seluruh lapisan masyarakat, sejalan dengan percepatan digitalisasi layanan pertanahan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait