MENHUB: Tol Cisumdawu Fungsional Tanggal 18 April, Beroperasi Jam 8 sampai 3 Sore

MENHUB: Tol Cisumdawu Fungsional Tanggal 18 April, Beroperasi Jam 8 sampai 3 Sore

Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan Tol Cisumdawu baru beroperasi fungsional pada 18 April 2023.-Baehaqi-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa Tol Cisumdawu baru beroperasi fungsional pada 18, April 2023 nanti.

Saat ini, agenda Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) untuk mencoba Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan juga dibatalkan.

"Mestinya presiden itu dari Cileunyi menggunakan Cisumdawu, tapi ada hambatan. Yaitu apa yang dialami oleh situasi Cipali," kata Menhub saat ditemui di Bandara Kertajati Majalengka, Sabtu, 15, April 2023.

Menurut Menhub, untuk sementara, Cisumdawu dioperasikan tetapi dalam jumlah terbatas. Misalnya, mulai beroperasi pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB.

BACA JUGA:BELUM DIBUKA! Tol Cisumdawu Cimalaka - Kertajati Masih Dicek Ulang, Batal Dipakai Mudik?

Kemudian, jumlah kendaraan yang melintas juga akan dibatasi, agar tidak berdampak pada Jalan Tol Cikopo Palimana yang menjadi muara dari ruas tol ini.

"Jumlahnya dibatasi dan di-manage dari CIleunyi. Jadi jumlahnya dibatasi, kalau sudah melampaui ditutup. Yang harus diapresiasi, mungkin fungsional tanggal 18," kata Menhub.

Disampaikan Menhub, belum digunakannya Tol Cisumdau bukan karena pembangunan yang belum selesai. Pihaknya bahkan mengapresiasi Kementerian PUPR yang mendampingi di lapangan hingga konstruksi benar-benar dapat selesai sesuai jadwal.

Tetapi, penundaan dan pembatasan pada Tol Cisumdawu lebih karena faktor mempertimbangkan situasi di Tol Cikopi Palimanan.

BACA JUGA:PERHATIAN! Sampai Siang Ini TOL CISUMDAWU Cimalaka - Kertajati Belum Dibuka

"Kita memang mengatur jumlahnya agar Cipali bisa dimenej dengan baik," tutur Menhub, mengenai situasi terkini.

Seperti diketahui, dari pantauan visual sampai dengan siang Tol Cisumdawu pada ruas Cimalaka masih ditutup.

Kendaraan yang melintas dari arah Sumedang Kota belum bisa melaju ke arah Kertajati. Sehingga harus keluar ke Gerbang Tol Cimalaka.

Pada area interchange yang mengarah ke Cimalaka dan Legok juga masih ditutup dengan barrier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: