DETIK-DETIK Mudik Lewat TOL CISUMDAWU, Pengendara Wajib Perhatikan Hal Ini

DETIK-DETIK Mudik Lewat TOL CISUMDAWU, Pengendara Wajib Perhatikan Hal Ini

Pengendara yang hendak mudik lewat Tol Cisumdawu bisa melalui ruas Cimalaka - Kertajati yang beroperasi fungsional.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu akhirnya dapat beroperasi untuk mudik lebaran 2023, seiring penyelesaian konstruksi di Jalur A Seksi 5.

Meski sudah bisa dipakai, tetapi pengendara yang melintasi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, perlu memperhatikan sejumlah hal.

Mulai dari jam operasi sampai dengan pengaturan lalu lintas di sekitar Jalan Tol Cisumdawu yang akan diterapkan oleh jajaran kepolisian baik Polda Jabar maupun polres di sepanjang ruas tol tersebut.

Seperti diketahui Tol Cisumdawu mulai dari Seksi 1 sampai dengan 3 atau Cileunyi - Cimalaka dapat beroperasi 24 jam untuk jalur A dan B.

BACA JUGA:Majalengka Kan Jauh dari Jatim, Kok Gempa Tuban Sampai Sini, BMKG Bilang Gini

Sedangkan yang beroperasi fungsional adalah ruas Cimalaka - Kertajati dari Km 186 sampai dengan 216 yang dibuka mulai pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Sepanjang 28,2 kilometer, ruas yang fungsional hanya dapat dilewati di Jalur A atau Sumedang arah Majalengka. Bahkan sebagian digunakan untuk rest area.

Posisi rest area sementara ini, dibuat di Jalur B Km 194+400 yang berada di Seksi 4B Legok atau tepatnya sebelum GTO Paseh.

Sementara dari sisi konstruksi, pengecoran tahap akhir pada area Seksi 5A Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan Jalur A, telah dituntaskan. Sehingga main road sudah tersambung seluruhnya.

BACA JUGA:Tanggal 15 April 2023, Apakah Tol Cisundawu Sudah Dibuka Total?

Penggunaan Jalan Tol Cisumdawu mulai 15 April ini, sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah. Dan diharapkan dapat mengurai kepadatan di jalur arteri Bandung - Sumedang - Majalengka. 

Dari pantauan visual nampak pengecoran tahap akhir sudah diselesaikan di area Seksi 5A Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. 

Ruas ini menjadi yang terakhir tersambung, karena terdapat pekerjaan yang cukup rumit, yakni lapisan tanah labil pada area STA 40+200.

Sekitar 300 meter area labil atau poor soil itu, telah dilakukan pengerukan dilanjutkan dengan urugan tanah. Dan di atasnya digunakan konstruksi dari EPS Geofoam sebagai material insulasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: