Dawuan Daerah Mana Sebenarnya? Sering Disebut di Nama Tol Cisumdawu

Dawuan Daerah Mana Sebenarnya? Sering Disebut di Nama Tol Cisumdawu

Suasana di rest area Km 166 Tol Cipali yang masuk dalam wilayah Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Nama Dawuan sering disebut di nama Tol Cisumdawu akhir-akhir ini, yang bakal beroperasi pada 15 April 2023.

Dawuan derah mana sebenarnya? Nama ini, memang familiar. Sebab terdapat kesamaan dengan beberapa daerah.

Lalu Dawuan daerah mana sebetulnya? Di Kabupaten Subang, terdapat Kecamatan Dawuan. Daerah ini, dulunya adalah hasil pemekaran Kecamatan Kalijati dan juga dikenal dengan makanan khas yakni Oncom Dawuan.

Di dalam wilayahnya, terdapat 10 desa yakni Batusari, Cisampih, Dawuan Kaler, Dawuan Kidul, Jambelaer, Manyeti, Margasari, Rawalele, Situsari dan Sukasari.

BACA JUGA:PERDANA! Jemaah Haji Cirebon Raya Plus Sumedang dan Subang Berangkat dari Bandara Kertajati Majalengka

Selain di Subang, nama Dawuan juga ada di Kabupaten Karawang. Bila bepergian naik kereta api dari Cirebon ke arah Jakarta atau sebaliknya, nama Dawuan ini akan muncul sebagai nama Stasiun Dawuan (DWN).

Lokasi stasiun ini ada di Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Stasiun ini berada di Daerah Operasi I Jakarta. 

Sedangkan di Kabupaten Majalengka,Dawuan merupakan sebuah kecamatan yang berbatasan dengan Kertajati.

Terdapat 11 desa yang berada di Kecamatan Dawuan, yakni Bojong Cideres, Dawuan, Genteng, Gandu, Sinarjati, Baturuyuk, Mandapa, Balida, Pasir Malati, Karanganyar, dan Salawana.

BACA JUGA:PENAMPAKAN TERKINI Tol Cisumdawu Seksi 5 yang Besok Dipakai Mudik, Sudah Siap atau Diundur?

Penduduk Kecamatan Dawuan mencapai 47.942 jiwa, sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021.

Karena itu, bila yang dimaksud Dawuan dari bagian Tol Cisumdawu, lokasinya di Kabupaten Majalengka. Yang juga dilintasi oleh Tol Cikopo Palimanan.

Namun, bila melakuan perjalanan dari Bandung ke Majalengka atau Cirebon jangan kaget karena sebenarnya Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sebenarnya tidak sampai ke Kecamatan Dawuan.

Ruas jalan tol ini berakhir di Kecamatan Kertajati, atau Kilometer 152 Tol Cikopo Palimanan (Cipali) via Junction Dawuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: