INFO TERBARU: Tol Cisumdawu Dipakai Mudik, Rest Area Baru Jadi Desember

INFO TERBARU: Tol Cisumdawu Dipakai Mudik, Rest Area Baru Jadi Desember

Info terbaru Tol Cisumdawu yang akan dipakai mudik lebaran 2023.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu akan dipakai mudik lebaran 2023, dengan status fungsional dan konstruksi yang masih berlangsung setidaknya di 3 lokasi. 

Karenanya, saat beroperasi fungsional pada 15, April 2023, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan belum dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti rest area maupun SPBU. 

Pihak pengelola Jalan Tol Cisumdawu yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyebut, SPBU dan rest area diperkirakan baru tersedia pada Desember 2023 nanti.

Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, Bagus Medi Suarso menyatakan bahwa pekerjaan saat ini fokus pada penyelesaian konstruksi di Seksi 5.

"Seksi 4 sudah selesai konstruksi. Seksi 5 kita kejar tayang," kata Bagus Medi, dilansir radarmajalengka.com dari publikasi PT BIJB, 4, April 2023.

Menurut Bagus Medi keterlambatan penyelesaian di Seksi 5 disebabkan sejumlah faktor. Diantaranya pembangunan jembatan dengan total panjang 1,90 kilometer.

Kendati demikian, pihaknya menargetkan seluruh konstruksi selesai April 2023 dan  dilanjutkan dengan uji laik fungsi (ULF) untuk selanjutnya dapat beroperasi fungsional pada awal Mei. 

Tetapi, pemerintah menghendaki Tol Cisumdawu selesai lebih cepat. Mengingat potensi kemacetan di ruas Jalan Raya Cirebon - Bandung setelah Cimalaka sampai Kadipaten.

Mengingat saat ini, tol sepanjang 61,135 kilometer tersebut baru beroperasi sampai Seksi 3 atau Gerbang Tol Cimalaka. Sebab, gerbang tol berikutnya yakni Seksi 4 belum selesai dikerjakan dan tidak terkejar untuk selesai saat arus mudik.

Karenanya, satu-satunya opsi adalah mempercepat penyelesaian di Seksi 5 karena di Seksi 6 sudah selesai. Sehingga pengendara bisa langsung sampai ke Kertajati Majalengka.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono juga menyatakan bahwa Tol Cisumdawu akan dipakai untuk mudik pada 15 April nanti. 

Basuki menyatakan, seluruh ruas di Seksi 4, 5 dan 6 akan selesai pada Jalur A dan B atau Bandung arah Majalengka dan sebaliknya. Kecuali di 3 lokasi yang kemungkinan baru selesai 1 jalur yakni pada Ruas Seksi 5A STA 40+200, Seksi 5A STA 45+50 dan Seksi 5B STA 51+000.

Jalan Tol Cisumdawu akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 sepanjang 29,165 Km yang terdiri dari Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,065 Km).

Terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting guna memperlancar arus mudik dari arah Tol Cipali menuju Tol Cisumdawu atau sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: