33 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi Bandung Kertajati, Lihat Dulu Kondisi Sekarang Ini

33 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi Bandung Kertajati, Lihat Dulu Kondisi Sekarang Ini

Target Tol Cisumdawu diharapkan selesai pada 15, April 2023 dari Bandung ke Kertajati.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pembangunan Tol Cisumdawu ditargetkan selesai 33 hari lagi dan beroperasi mulai dari Kabupaten Bandung sampai dengan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Target ini, diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono saat melaporkan kondisi terkini di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan.

Menteri PUPR optimis pada 15, April 2023 atau sekitar 33 hari lagi sejak Senin, 13, Maret 2023, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu dapat dituntaskan.

Sebagai informasi, target ini merupakan pengunduran jadwal dari ruas tol sepanjang 62,60 kilometer. Bahkan sudah dua kali diundur dalam rentang waktu 1 bulan.

BACA JUGA:KABAR TERBARU Seksi 4 TOL CISUMDAWU Tinggal Finishing, Siap untuk Beroperasi Maret 2023?

Basuki sebelumnya menginginkan agar ruas Tol Cisumdawu dapat beroperasi dari Bandung ke Kertajati pada akhir Februari 2023.

Tetapi kondisi tersebut tidak dapat tercapai, karena masih banyaknya pekerjaan yang belum tuntas termasuk 2 jembatan di Seksi 5.

Kemudian target bergeser menjadi akhir Maret 2023, karenanya dilakukan percepatan pengerjaan di Seksi 4 dan 5 agar dapat beroperasi fungsional.

Sayangnya, di tengah upaya mengejar target itu, justru terjadi longsor di sejumlah lokasi yang harus ditangani dengan ekstra.

BACA JUGA:SISA 33 HARI LAGI Target TOL CISUMDAWU Selesai, Masih Harus Bangun Jembatan

Bahkan, Menteri PUPR mengungkapkan, salah satu lokasi longsor yakni di Seksi 5B dilakukan pembangunan jembatan, karena kondisi tanah yang labil.

"Jadi ada longsor di Seksi 5B, kita bangun jembatan untuk mengangkangi bagian yang longsor itu," kata Basuki, belum lama ini.

Dia menambahkan, pembangunan jembatan tersebut diharapkan sudah tuntas pada 15, April 2023.

Namun, dari pantauan visual nampak ternyata longsor tidak hanya terjadi di Seksi 5. Tetapi juga ada di Seksi 4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: