WADUH! Bupati Majalengka Usul Nama TOL CISUMDAWU Diganti Jadi Cisumjati: Itu Mah Istilah Dulu

WADUH! Bupati Majalengka Usul Nama TOL CISUMDAWU Diganti Jadi Cisumjati: Itu Mah Istilah Dulu

Bupati Majalengka, Karna Sobahi usul agar nama Tol Cisumdawu diganti menjadi Tol Cisumjati.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bupati MAJALENGKA, Karna Sobahi menilai nama Tol Cisumdawu sudah tidak tepat lagi dan sebaiknya diganti menjadi Cisumjati.

Menurut Karna Sobahi, seharusnya ada perubahan nama pada ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, karena lokasinya memang berubah.

"Itu mah istilah dulu, bukan Cisumdawu lagi sekarang mah," kata Karna, saat ditemui radarmajalengka.com di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Quraniyyah di Kelurahan Majalengka Wetan.

Malah, kata Karna, sepertinya nama Cisumjati lebih cocok dipakai sekarang ini. Sebab, tol tersebut memang berakhir di Kecamatan Kertajati.

BACA JUGA:SUDAH MARET Tol Cisumdawu Masih Seperti Ini, Target Dipakai Mudik Bisa Ambyar

Seperti diketahui, nama Jalan Tol Cisumdawu sampai dengan saat ini masih digunakan untuk proyek tersebut. Meski pada kondisi eksisting terjadi perubahan trase sejak tahun 2017.

Perubahan trase jalan di Seksi 5 tersebut berdampak pada ujung dari Tol Cisumdawu yang tidak lagi berakhir di Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Bahkan, gerbang akhir Tol Cisumdawu ada di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang dengan nama Gerbang Tol Ujung Jaya Utama.

Tetapi, nama Cisumdawu sepertinya tetap dipaksakan dengan menggunakan nama Simpang Susun Dawuan atau Junction Dawuan.

BACA JUGA:PANTAS Nggak Selesai-selesai, Begini Kondisi Pembangunan TOL CISUMDAWU di Seksi 5A, Luar Biasa Sulit!

Padahal, akses simpang susun penghubung Tol Cisumdawu dengan Tol Cipali tersebut ada di wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Nama Cisumjati sendiri, merupakan kependekan dari Cileunyi Sumedang Kertajati. Karena kondisi eksisting tol tersebut memang berakhir di Kilometer 152 Tol Cikopo Palimanan (Cipali) yang ada di wilayah Kertajati.

Sedangkan Kecamatan Dawuan, ada di Kilometer 162 atau berjarak 10 kilometer dari Simpang Susun Dawuan.

Karenanya, Bupati Majalengka mengusulkan agar nama tol tersebut kalau bisa diganti saja. Bukan lagi Cisumdawu yang merupakan istilah lama, tetapi Cisumjati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: