POTRET Terkini Pembangunan TOL CISUMDAWU di Seksi 5A, Jembatan Conggeang Belum Tersambung

POTRET Terkini Pembangunan TOL CISUMDAWU di Seksi 5A, Jembatan Conggeang Belum Tersambung

Potret terkini pembangunan Tol Cisumdawu Seksi 5A Conggeang, Kabupaten Sumedang.-Ahmad Tea Channel-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Potret terkini pembangunan Tol Cisumdawu menunjukkan progres adanya percepatan, terutama di Seksi 5A yang berada di wilayah Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan ini, dikerjakan oleh PT Adhi Karya dan PT Brantas Abhipraya.

Pada potret terkini, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu di Jembatan Conggeang yang merupakan bagian dari Seksi 5A sedang memasuki tahap erection girder.

Pada pantauan visual, Kamis, 2, Maret 2023, terlihat hanya sisa 4 pier head dan 1 abutment yang belum terpasang balok girder.

BACA JUGA:UPDATE! Progres Konstruksi TOL CISUMDAWU Seksi 5B, Kondisi Masih Seperti Ini

Di pembangunan jembatan ini, juga dilakukan secara bersamaan pengecoran dasar pada lantai jembatan.

Peralatan seperti launcher girder hingga crane juga dikerahkan ke lokasi untuk mempercepat pemasangan. Sedangkan di bawah jembatan juga dilakukan perakitan balok girder.

Diharapkan pekerjaan di ruas ini dapat diselesaikan dalam waktu dekat, karena target pekerjaan tol berkejaran dengan pelaksanaan mudik dan arus balik lebaran 2023.

Selain pembangunan jembatan, pada Seksi 5A To Cisumdawu juga masih terdapat pekerjaan untuk pembangunan badan jalan.

BACA JUGA:WOW! Jalan Cadas Pangeran Sumedang Ramai Lagi, Gara-gara TOL CISUMDAWU Sudah Dikenakan Tarif

Berikut adalah progres konstruksi di Jalan Tol Cisumdawu Seksi 5A berdasarkan laporan dari PT Adhi Karya sampai 26, Februari 2023:

  • Pada bagian STA 40+200 sampai dengan STA 40+400 sedang dilakukan penimbunan, karena volume timbunan tanah mencapai 80 ribu meter kubik.
  • Progres rigid beton sudah mencapai 4,3 kilometer dari rencana 6,5 kilometer. Untuk median barrier sudah terpasang 4.916 meter dari 13.184 meter.
  • Pekerjaan bahu jalan sisi kanan telah terealisasi 800 meter dari rencana 6.592 meter. Bahu jalan sisi kiri telah terealisasi 1.355 meter dari rencana 6.592 meter.
  • Untuk badan jalan yang telah terealisasi sampai dengan pengecoran Base A telah mencapai 4.845 meter dari rencana 6.592 meter.
  • Badan jalan dengan cor LC telah teralisasi 4.597 meter dari rencana 6.592 meter. 

BACA JUGA:TERKINI! Progres TOL CISUMDAWU Seksi 5A, Masih di Bawah Target, Yakin Bisa Buat Mudik?

Seperti diketahui, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan ditargetkan sempat ditargetkan selesai pada akhir Februari 2023 oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Tetapi, target tersebut gagal tercapai dan bergeser menjadi Maret 2023, sekaligus dipersiapkan untuk lalu lintas alternatif mudik dan arus balik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: