WOW! Indramayu Bakal Punya Tol, Nyambung dari Kertajati dan Cisumdawu

WOW! Indramayu Bakal Punya Tol, Nyambung dari Kertajati dan Cisumdawu

Junction Dawuan yang menjadi penghubung Kertajati dengan Tol Cisumdawu, Kabupaten Indramayu juga mengusulkan adanya Tol Kertajati Indramayu. -Apri Subroto/Youtube-radarmajalengka.com

INDRAMAYU, RADARMAJALENGKA.COM - Kabupaten INDRAMAYU bakal punya jalan bebas hambatan yakni Tol Kertajati INDRAMAYU yang menyambung dari Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu.

Usulan mengenai Tol Kertajati Indramayu yang menyambung ke Tol Cisumdawu itu, ternyata sudah disampaikan Bupati Indramayu, Nina Agustina pada Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). 

Bahkan, usulan Tol Kertajati Indramayu itu, mendapatkan respons baik dari Kementerian PUPR. Terutama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Bahkan, usulan tersebut bisa lebih cepat terwujud lewat mekanisme Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Seperti pembangunan beberapa ruas jalan bebas hambatan lainnya.

BACA JUGA:ASYIK! Dari Tol Cisundawu lewat Gerbang Paseh, Dekat Air Panas Sekarwangi, Cocok Buat Asam Urat dan Stroke

Seperti diketahui, Kabupaten Indramayu memang sudah memiliki 1 exit toll dari Tol Cikopo Palimanan atau Cipali. Tetapi, lokasinya berada di Kecamatan Cikedung yang jauh dari pusat pemerintahan dan perekonomian.

Dengan adanya akses penghubung dari Kertajati, tol tersebut dapat menyambung ke Jatibarang dan Lohbener di mana terdapat Asrama Haji yang telah dibangun.

Sehingga akses dari Asrama Haji ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka bisa lebih mudah dan cepat.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga mempersilakan kepada kepala daerah mengusulkan exit toll untuk memaksimalkan dampak dari Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA, Bakal Ada Akses Tol Terdekat Bagi Masyarakat Pantura Indramayu Barat

Salah satu yang disinggung gubernur adalah Kabupaten Indramayu. "Kalau Indramayu mau membangun sodetan ke Tol Cisumdawu silakan. Kepala daerah silakan usulkan kalau mau ada exit toll, sepanjang usulannya itu punya argumentasi kuat," tuturnya. 

Selain exit toll Cisumdawu, Kabupaten Indramayu juga bakal mendapatkan efek dari Tol Patimban. Ada Gerbang tol dekatq tugu tapal batas di Kali Sewo Sukra, hanya beberapa kilometer saja ke arah Pusaka Nagara Kabupaten Subang melalui jalan pantura. 

Tol tersebut akan menghubungkan Jalan Tol Cipali ke utara menuju ke Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang. Adanya proyek tersebut ini yang mendekatkan masyakat di Pantura Indramayu dan Subang ke aksel Jalan Tol.

Namanya “Proyek pembangunan Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat”. Tol yang akan dibangun itu sepanjang 37 Km. Dari Cipali menuju Pelahuhan Patimban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: