GAK PAKE LAMA! Tol Cisumdawu Selesai Februari

GAK PAKE LAMA! Tol Cisumdawu Selesai Februari

Tol Cisumdawu selesai Februari 2023 dan segera dioperasikan. -Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tidak lama lagi, Tol Cisumdawu bakal selesai pekerjaan konstruksi dan dilanjutkan dengan uji coba, pada akhir Februari 2023.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pekerjaan konstruksi Tol Cisumdawu ditargetkan selesai pada akhir Februari nanti, meski pengelola menginginkan Maret.

Menteri Basuki mengungkapkan hal tersebut di hadapan rapat kerja Komisi V DPR RI. Pihaknya menginginkan akses tol tersebut memberikan manfaat kepada masyarakat di Ciayumajakuning. 

Termasuk sebagai dukungan akses terhadap Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! Jalan Tol Cisumdawu Selesai, 12 Penerbangan dari BIJB Kertajati Beroperasi Lagi

"Tol Cisumdawu sangat penting bagi perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Ciayumajakuning," kata Menteri PUPR, seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, jalan tol tersebut memungkinkan selesai pada akhir Februari 2023. Apalagi di Seksi 6 sudah sampai 100 persen pekerjaan konstruksinya. 

Seksi 6 ini, adalah penghubung Tol Cisumdawu dengan Tol Cipali atau disebut dengan Junction Dawuan.

progres konstruksi di Seksi 6A dan 6B sudah di atas 95 persen, tinggal menyisakan sedikit lagi pekerjaan. PR-nya hanya tinggal di Seksi 4 dan 5, di mana progres terakhir di atas 60 persen.

BACA JUGA:WOW! Tol Cisumdawu Beroperasi, Malaysia Airlines Terbang dari Bandara Kertajati Majalengka

"Tol Cisumdawu akan menghadirkan perkembangan perekonomian bagi wilayah Kuningan, Cirebon, dan Majalengka," kata Menteri Basuki, di Rapat Kerja Komisi V DPR RI.  

Sebagai informasi, saat ini Ciayumajakuning berkontribusi sebesar 9,78 persen terhadap perekonomian Jawa Barat.

Sektor yang dominan menunjang pertumbuhan ekonomi adalah industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, pertanian, konstruksi, serta transportasi dan pergudangan.

Perkembangan laju PDRB Ciayumajakuning hingga 2021 masih tumbuh 2,26 persen. "Di tahun 2023, ekonomi Ciayumajakuning diperkirakan sedikit tertahan," kata Kepala KPw Bank Indonesia Cirebon, Hestu Wibowo saat ngopi bareng dengan media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: