Keren, Kurangi Ketergantungan Pupuk Sintetis, Mahasiswa KKN-T Unma Inovasi Sulap Limbah Rumah Tangga Jadi POC

Jumat 09-08-2024,15:39 WIB
Reporter : Ono Cahyono
Editor : Ono Cahyono

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM - Inovasi luar biasa di ciptakan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) yang telah sukses melakukan pengolahan limbah rumah tangga menjadi Pupuk Organik Cair (POC) dengan metode ember tumpuk.

 

Kegiatan tersebut terungkap saat kelompok mahasiswa KKN-T Unma menyelenggarakan acara penyuluhan pertanian dengan tema 'pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pendapatan dan pembuatan pupuk organik cair dari limbah rumah tangga' di Balai Desa Juntikebon, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Senin 5 Agustus 2024 kemarin.

 

Ketua kelompok KKN-T Unma desa Juntikebon, Rizky Maulana menjelaskan acara penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para petani khususnya di Desa Juntikebon mengenai pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pendapatan tambahan dan memahami pemanfaatan limbah rumah tangga. 

 

Disamping itu, kata Rizky, para petani juga diajarkan cara mengolah galon plastik bekas yang menjadi wadah media tanam yang efektif dan ramah lingkungan. 

 

"Melalui kegiatan ini para petani mampu menerapkan metode bercocok tanam yang lebih efesien dan ekonomis," jelas Rizky.

 

Sementara itu, dosen pembimbing lapangan (DPL) Yeni Nuraeni SH MH mengungkapkan kegiatan ini disambut antusias oleh para peserta yang notabene adalah petani desa setempat. 

 

"Mereka sangat tertarik dengan materi yang disampaikan, terutama tentang pengolahan limbah rumah tangga menjadi Pupuk Organik Cair (POC) dengan metode ember tumpuk," tambah Yeni.

 

Yeni mengatakan dalam penyuluhan ini, terdapat dua mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka dari jurusan pertanian yang turun langsung menjadi narasumber. 

Kategori :