Prediksi Eks Pelatih Barcelona Xavi, untuk Pelatih Baru Hansi Flick, Kata Xavi: Anda Akan Menderita 

Kamis 30-05-2024,18:15 WIB
Reporter : Rafli Wahyu Anugrah
Editor : Rafli Wahyu Anugrah

RADARMAJALENGKA.COM - Xavi Hernandez memberikan pernyataan berupa prediksi akan nasib Barcelona di tangan pelatih yang baru Hansi Flick, ia memberikan peringatan kepada Hansi Flick bahwa ia mungkin akan menderita.

Apa yang mendasari pernyataan terkait prediksi yang dilontarkan oleh Xavi adalah bahwa mengurus klub besar seperti Barcelona bukanlah hal mudah, banyak tantangan, terutama tantangan finansial dari internal klub yang sempat disinggung oleh Xavi.

“Dia akan menderita, ini adalah tempat yang sangat rumit,” kata Xavi dilansir dari Sport Bible, Senin (27/5/2024). Menurut Xavi, melatih klub seperti Barcelona tidaklah mudah, apalagi dihadapakan dengan situasi keuangan klub namun tetap dengan target kemenangan yang tinggi.

Komentar mengenai keuangan klub, bisa menjadi alasan utama atas pemecatan Xavi sebagai pelatih Barcelona yang sudah menjadi pelatih selama kurang lebih 3 tahun dari 2021. Soalnya komentar ini memicu respons kemarahan dari pihak internal klub, seperti dari Presiden Barcelona.

BACA JUGA:Xavi Beri Peringatan untuk Hansi Flick Pelatih Baru Barcelona, Kata Xavi: Barcelona itu Sulit

Presiden Barcelona, Joan Laporta, marah karena pernyataan Xavi tentang kesulitan ekonomi da finansial yang tengah dialami Barca, atas ketidakmampuan bersaing dengan Real Madrid, yang musim ini jadi juara Liga Spanyol dan berhasil menyabet gelar juara pertama musim ini. Atas pernyataan Xavi yang berbunyi seperti itu, pihak internal klub mengambil keputusan terkait Xavi yang resmi di PHK alias dipecat.

Sebelumnya, Joan Laporta selaku Presiden Barcelona sempat membujuk mantan pemain Barcelona yang kini tengah jadi pelatih yaitu Xavi, agar tetap bertahan hingga kontraknya habis tahun depan. Namun, Xavi membatalkannya dan membuat pernyataan yang cukup menimbulkan reaksi. 

“Mereka harus tahu bahwa ini adalah situasi yang sulit, karena Barcelona adalah klub yang sulit, tetapi juga karena situasi keuangan yang buruk, terutama karena aturan financial fair play (LaLiga),” ungkap Xavi dikutip dari ESPN.

"Itu tidak akan mudah sama sekali. Mereka akan menderita dan mereka memerlukan kesabaran karena ini adalah pekerjaan yang sangat sulit. Satu-satunya hal yang bisa menyelamatkan mereka adalah kemenangan, apakah mereka pernah menjadi bagian dari klub atau tidak (sebelumnya),” lanjut Xavi.

BACA JUGA:Apa Alasan Xavi Hernandez Mundur dari Barcelona? Apa Benar Karena Merasa Tidak Dihargai

Barcelona resmi menunjuk Hansi Flick sebagai pelatih baru. Mantan pelatih Barcelona yang baru saja dipecat, Xavi dipecat oleh Barcelona pada pekan lalu. Padahal semuanya tepat pada sebulan yang lalu Xavi menyatakan dirinya akan tetap bertahan setelah sempat mengumumkan bakal mundur di akhir musim ini pada Januari silam.

Kini Xavi Hernandez akan digantikan oleh Hansi Flick yang merupakan eks mantan pagin Bayern Munchen dan Timnas Jerman, untuk musim 2024/2025 dan 2025/2026. Bahkan Hansi Flick dilaporkan bakal menandatangani kontrak selama dua tahun dengan Barcelona pada Selasa (28/5/2024).

Xavi sendiri tak menutup kemungkinan bakal kembali lagi melanjutkan karier kepelatihannya. Namun, dia ingin istirahat sejenak setelah melewati tantangan bersama klub Barcelona. "Tidak ada yang tertutup. Saya profesional, mari kita lihat apa yang terjadi di masa depan," ujar pelatih berusia 44 tahun itu.

“Tentu saja saya terbuka (untuk pekerjaan baru), tapi saya pikir 100 persen saya perlu istirahat sebentar. Sangat sulit untuk melatih Barcelona. Saya perlu istirahat dan saya perlu bersama keluarga saya,” pungkasnya.

BACA JUGA:Profil Hansi Flick, Pelatih Baru Barcelona yang Gantikan Xavi Hernandez 

Kategori :

Terpopuler