KEREN! Harun Calon Haji Tertua Asal Pamekasan yang Nekat Berangkat di Usia 119 Tahun

KEREN! Harun Calon Haji Tertua Asal Pamekasan yang Nekat Berangkat di Usia 119 Tahun

Calon haji tertua asal Pamekasan Harun.-ist-jpnn.com

SURABAYA, RADARMAJALENGKA.COM - Seorang calon haji yang bernama Harun Bin Senar usia 119 tahun, warga Dusun Karang Duak, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan.

Harun menjadi calon haji tertua di Indonesia dengan usia 119 tahun yang nekat berangkat, yang kesehariannya berjualan ayam.

Rencananya Harun yang berhabung dalam kloter 6 bersama rombongan akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada, Kamis, 25 Mei 2023 pukul 19.00 WIB.

Pria yang kelahiran 1904 saat ditemu wartawan jpnn.com tampak sehat, ceria dan murah senyum di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

BACA JUGA:Ini Logo dan Tema Hari Jadi Majalengka Ke 553

BACA JUGA:Bale Agung Saung Eurih Diresmikan, Bupati: Rumah Makan dan Objek Wisata Harus Punya Tempat Ibadah

Dia mennceritakan kalo menjual tanahnya untuk mendaftar haji pada 2017 lalu. Akhirnya berangkat ke tanah suci didampingi oleh keponakannya yang bernama Musidi (65).

Sedangkan istrinya yang kelimanya meninggal pada Mei 2022 lalu, Harun tinggal sendiri dan berstatus duda.

“Saya anak ketiga dari tujuh bersaudara. Semua saudara sudah meninggal,” kata Harun, Kamis (25/5).

Harun sebenarnya dijadwalkan baru berangkat pada 2046. Namun, dia mendaptkan kuota prioritas sehingga bisa berangkat 23 tahun lebih awal.

BACA JUGA:Majalengka Siap Jadi Tuan Rumah Seleksi Timnas Garuda

BACA JUGA:Perda Fasilitasi Ponpes, Pesantren Diguyur Rp5,2 Miliar

Setelah diinformasikan bakal berangkat ke tanah suci pada tahun ini, Harun kembali menjual dua sapi peliharaanya untuk melunasi biaya haji.

“Bulan puasa kemarin, diinfokan bisa berangkat. Untuk melunasi biaya haji, jual dua sapi,” katanya. Pendengaran kakek yang telah memiliki 28 cucu ini memang agak terganggu. Namun, hal itu tidak menghalangi niatnya untuk bertolak ke tanah suci.

“Tidak ada doa khusus. Yang terpenting, semata-mata untuk beribadah,” tuturnya. Harun pun mengaku tidak ada persiapan khusus yang menjelang keberangkatan, hanya saja terkadang dia sempat mengalami sakit punggung, tetapi masih bisa berjalan.

“Pemeriksaan kesehatan saat di Asrama Haji kemarin dinyatakan normal semua,” katanya. Dia mengungkapkan resep untuk panjang umur ialah rajin makanan sehat, seperti sayur-sayuran. “Makan sayuran saja,” tandas Harun.

BACA JUGA:Maling Jebol Tembok Minimarket di Sindangwangi, Ratusan Rokok Digondol

BACA JUGA:Mantap! Majalengka Masuk 20 Besar Selekda Fespati Jabar 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: