Sebanyak 14.307 Rumah Tangga Tidak Mampu di Jawa Barat Terima Sambungan Listrik Gratis di Tahun 2022

Sebanyak 14.307 Rumah Tangga Tidak Mampu di Jawa Barat Terima Sambungan Listrik Gratis di Tahun 2022

Warga Cimanggugirang dapat Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL)-Baehaqi-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan memberikan program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada sebanyak 14.307 rumah tangga tidak mampu di Provinsi Jawa Barat sepanjang tahun 2022.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan M.P. Dwinugroho dalam acara Peresmian dan Penyalaan Pertama Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Provinsi Jawa Barat di Desa Cimanggu Girang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka, Senin, (22/5) mengatakan,   Kabupaten Majalengka telah tersambung sebanyak 264 sambungan rumah tangga yang tersebar di 22 kecamatan.

Lebih lanjut Nugroho menjelaskan bahwa dari Hasil Rapat Kerja Menteri ESDM dengan Komisi VII DPR RI, alokasi APBN untuk BPBL 900 VA tahun 2023 akan dilanjutkan lagi pemberian bantuan bagi rumah tangga miskin belum berlistrik sebanyak 83.000 rumah tangga yang tersebar di 34 Provinsi.

"Dalam perjalanannya, pada bulan April 2023 telah dilakukan revisi DIPA sehingga jumlah tersebut bertambah menjadi 125.000 rumah tangga yang bersumber dari pemanfaatan sisa anggaran kegiatan lain," jelas Nugroho.

BACA JUGA:Saat Menteri Basuki Menginjak Material Geofoam EPS, Teknologi Canggih yang Dipakai di Tol Cisumdawu

BACA JUGA:Pesan Menteri Basuki untuk Tol Cisumdawu yang Sedang Dikebut, Perhatikan Ini

Untuk Provinsi Jawa Barat sendiri, Nugroho menyebutkan bahwa direncanakan akan mendapat alokasi sebesar 22.000 rumah tangga penerima BPBL di tahun 2023 ini.

Anggota Komisi VII DPR RI Nurhasan Zaidi mengapresiasi program ini. Ia menyampaikan bahwa untuk kemajuan suatu daerah harus membangun sumber daya manusia yang mumpuni. Sumber daya manusia yang baik harus didukung dengan tersedianya akses listrik.

"Agar Majalengka maju, sumber daya manusia harus dimajukan, dimajukan dengan listrik agar terang. Program BPBL luar biasa, saya yakin majalengka maju tapi perlu proses," ungkap Nurhasan.

Dalam kesempatan yang sama VP Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero) Chairuddin menyampaikan bahwa PLN siap melaksanakan tugas dari pemerintah dalam menjalankan program BPBL.

BACA JUGA:KEBUT Proyek Tol Cisumdawu, Awal Juni Beroperasi Penuh

BACA JUGA:PENAMPAKAN TERKINI Gerbang Tol Paseh Tol Cisumdawu, Jalan Mulai Dibangun

"BPBL sebagai bentuk dukungan PLN pada rencana pemerintah dalam pemerataan akses dan percepatan tenaga listrik," kata Chairuddin.

Jaja (67) warga desa Cimanggu terus tersenyum sumringah saat rumahnya dikunjungi sebagai seremoni penyalaan pertama program BPBL. Pria paruh baya yang tidak memiliki pekerjaan tetap tersebut merasa terharu dan bahagia dengan adanya bantuan pasang baru listrik gratis dari pemerintah ini.

Ia mengatakan bahwa selama 15 tahun sebelumnya, listrik dirumahnya menyalur dari rumah kerabat sehingga ia tidak bisa leluasa.

"Iya, sekarang enak punya listrik sendiri. Dulu mah dari sana (tetangga) nyolok," ungkap Jaja.

BACA JUGA:Cek Ruang Tahanan, Kapolres Majalengka Tekankan Jaga Kebersihan dan Kesehatan

BACA JUGA:Agar Terawat, Kasubag Sarpras Polres Majalengka Gelar Pemeriksaan Kendaraan Dinas Polsek Sukahaji

Begitupun dengan Maman Rukmana (34), pria yang sehari-hari berdagang ini merasa sangat senang dengan bantuan listrik. Selama ini ia merasa merasa malu dengan mertua karena menyambung listrik.

"Dulu saya gak enak sama mertua nyambung ga mandiri, sekarang alhamdulilah bisa sendiri, misah mandiri gitu," ungkap Maman.

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D. Mardiana menyampaikan bahwa listrik merupakan indikator mampu tidaknya suatu golongan rumah tangga.

"Kalau belum punya listrik, masuk kategori miskin. Sedikit demi sedikit apabila semua sudah terang listrik masuk, dipastikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Tarsono. (Bae).

BACA JUGA:Begini Kondisi Pabrik Kecap Majalengka, Kesulitan Permodalan dan Bahan Baku

BACA JUGA:Mantap! Timnas Pelajar U-18 Tekuk SSB Mandala di Stadion Warung Jambu Majalengka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: