Pj Bupati Majalengka Launching Program Kencan Data Diskominfo

Pj Bupati Majalengka Launching Program Kencan Data Diskominfo

TALKSHOW: Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka melalui Bidang Statistik Sektoral dan Persandian Launching Program "Kencan Data".-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka melalui Bidang Statistik  Sektoral dan Persandian Launching Program "Kencan Data".

Program tersebut dikemas dalam acara talkshow yang bertajuk "Majalengka Merespon Bersama" di Radio Pemkab Majalengka, Radika 99.8 FM.

Program Kencan Data sendiri di-launching oleh Pj Bupati Majalengka H Dedi Supandi, Kamis 1 Februari 2024.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Majalengka, H Gatot Sulaeman AP MSi menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Majalengka yang turut hadir bersama untuk melaunching program "Kencan Data (Kenali, Cukupi, dan Analisis Nilai Data) yang dikemas melalui talkshow di radio pemerintah Kabupaten Majalengka tersebut.

"Kencan Data merupakan bagian dari literasi data yang di dalamnya terdapat beberapa program. Yaitu, Webinar Kencan Data, Talkshow Kencan Data, Visualisasi Bewara Statistik dan Edukasi Data (Bestie)," kata Gatot.

BACA JUGA:Banyak yang Tidak Lapor Kampanye, Panwaslu Panyingkiran Perketat Pengawasan

Terkait dengan informasi data yang menyangkut tentang pemerintahan, pembangunan, aspek budaya, kemasyarakatan serta hal lainnya di Kabupaten Majalengka dapat dilihat dan di akses dalam sebuah sistem database yang bernama Open Data.

Gatot menyampaikan open data tersebut dapat di akses di laman opendata.majalengkakab.go.id.
"Open Data tersebut memberikan informasi mengenai data-data setidaknya dibagi kedalam 10 topik yang berkaitan dengan ekonomi, infrastruktur, kemiskinan, kependudukan, kesehatan, lingkungan hidup, pariwisata dsn Kebudayaan, pemerintahan desa, pendidikan, dan sosial," jelasnya.

Gatot menjelaskan sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi Diskominfo untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Dan, juga telah melakukan berbagai upaya dalam menyampaikan informasi dan juga literasi data digital melalui medsos baik itu di Instagram Diskominfo maupun di IG Open Data setiap hari Kamis melalui tajuk Bestie Data.
Bestie Data tersebut menyuguhkan informasi terupdate tentang perkembangan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Cek Kesiapan Stok Pupuk, Direktur Utama Petrokimia Gresik Blusukan

"Untuk itu Diskominfo Majalengka menyampaikan rasa terimakasih kepada Pj Bupati Majalengka yang telah berkenan hadir dalam Launching perdana platform Kencan Data di YouTube dan Radio. Sehingga kita akan membanjiri informasi-informasi yang positif bagi masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Majalengka H Dedi Supandi mengapresiasi launching Kencan Data yang digagas oleh Diskominfo Kabupaten Majalengka melalui Bidang Statistik Sektoral dan Persandian.

Kencan Data ini adalah hal-hal yang menyangkut perkembangan Majalengka secara data baik menyangkut pemerintahan, pembangunan di Majalengka, sosial kemasyarakatan, pemberdayaan kepariwisataan dan hal-hal terkait lainnya.

"Saya rasa program Kencan Data ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Majalengka, dengan menyuguhkan berbagai informasi berbasis data yang tak perlu diragukan lagi keabsahannya," paparnya.
Keberadaan Kencan Data juga menjadi bagian dari literasi digital agar warga Majalengka naik kelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: