PENGUMUMAN: Jadwal Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka - Dawuan, Buka Jam 6 Tutup Jam 3 Sore

PENGUMUMAN: Jadwal Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka - Dawuan, Buka Jam 6 Tutup Jam 3 Sore

Jadwal Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai 6 beroperasi mulai 15 April 2023.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil menyampaikan pengumuman penting terkait dengan Tol Cisumdawu yang akan dipakai pada arus mudik lebaran 2023.

Ridwan Kamil yang melakukan kunjungan ke Seksi 4 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan menyampaikan, sebagian dari ruas tersebut akan beroperasi dengan pembatasan waktu.

Kemudian saat arus mudik, Jalan Tol Cisumdawu mulai dari Seksi 4 Cimalaka sampai Dawuan hanya beroperasi dari arah Bandung ke Majalengka.

Kondisi ini, dikarenakan adanya sebagian ruas yang belum selesai di Seksi 5 Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. Setidaknya ada 3 titik konstruksi yang masih dikerjakan.

BACA JUGA:ISTIMEWA! Ridwan Kamil Bangun Gedung Pencak Silat Kelas Dunia di Sumedang

Kemungkinan pada 3 lokasi tersebut, sesuai informasi Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) hanya selesai untuk satu ruas ke arah Majalengka. 

Sedangkan untuk ruas Cileunyi sampai dengan Cimalaka akan beroperasi dengan normal. Sebab Seksi 1 sampai dengan 3 sudah beroperasi penuh sejak 28, Februari 2023.

gubernur menyebutkan,  mengingat belum dipasangnya lampu penerangan jalan, maka akan ada pembatasan jam operasional. Dibuka mulai dari jam 06.00 pagi sampai jam 15.00.

"Saya ulang ya, semua yang saya ceritakan itu yang akses ke Cipali, karena keterbatasan, tolong manfaatkan jendela waktunya dari jam 06.00 pagi sampai jam 03.00 sore," gubernur menegaskan.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Mudik Lewat TOL CISUMDAWU, Ridwan Kamil: Gratis Cimalaka sampai Cipali

Artinya, kalau sudah lewat jam 15.00, mau tidak mau pemudik  harus menempuh rute jalur Cipularang memutar ke Cipali. 

Kendati demikian, Gubernur Jabar memastikan bahwa seluruh ruas tol sepanjang hampir 62 kilometer itu, bisa dipakai. 

"Jadi per tanggal 15 sudah bisa tembus Tol Cipali, Alhamdulillah  tembus ke Cipali Kertajati, meskipun hanya masih bersifat satu arah mulai dari Cimalaka hingga Kertajati," kata Ridwan Kamil, Senin, 10, April 2023.

Karena itu, gubernur mempersilakan masyarakat Jawa Barat memanfaatkan Tol Cisumdawu untuk mudik. Sebab, keberadaan ruas tersebut telah mempersingkat waktu tempuh antara kawasan Bandung Raya dan Cirebon Raya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: