ALHAMDULILLAH, Mudik Lewat TOL CISUMDAWU, Ridwan Kamil: Gratis Cimalaka sampai Cipali

ALHAMDULILLAH, Mudik Lewat TOL CISUMDAWU, Ridwan Kamil: Gratis Cimalaka sampai Cipali

Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil meninjau pembangunan Tol Cisumdawu di Seksi 4.-Humas Jabar-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil turut memastikan kesiapan Tol Cisumdawu untuk arus mudik lebaran 2023 yang rencananya akan mulai beroperasi pada 15 April nanti.

Saat perdana digunakan, Seksi 4 sampai dengan 6 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan masih gratis, karena berstatus fungsional terbatas.

Dengan adanya Jalan Tol Cisumdawu yang terkoneksi mulai dari Cileunyi sampai dengan Kertajati, perjalanan mudik dari Bandung hanya membutuhkan waktu 1 jam saja.

Dalam peninjauan lapangan yang dilakukan di Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedan, Kang Emil menyatakan bahwa saat beroperasi pada arus mudik nanti, Tol Cisumdawu mulai Cimalaka sampai Kertajati hanya satu ruas yang bisa dipakai. 

BACA JUGA:WAJIB TAHU 3 Hal Ini saat Lewat Tol Cisumdawu untuk Mudik, Terlalu Malam Tidak Bisa

Sebab, masih terdapat sebagian ruas yakni di Sekai 5 yang dalam tahap konstruksi. Setidaknya ada 3 lokasi yang dibangun hanya satu ruas dari Bandung ke Majalengka.

Tetapi, pada tanggal 15 April nanti, Tol Cisumdawu sudah dapat dipakai masyarakat. Meski nantinya akan ada pengaturan jam operasional dan hanya satu ruas. 

"Jadi per tanggal 15 sudah bisa tembus Tol Cipali, Alhamdulillah  tembus ke Cipali Kertajati, meskipun hanya masih bersifat satu arah mulai dari Cimalaka hingga Kertajati," kata Ridwan Kamil, Senin, 10, April 2023.

Sementara saat arus balik, ruas jalan yang sama akan difungsikan, mulai dari Kertajati hingga Cimalaka, selepas itu, jalan tol akan kembali dua arah hingga Cileunyi.

BACA JUGA:OH BEGINI Proses Pengecoran Geofoam di TOL CISUMDAWU, Kejar Target Mudik

"Yang mau mudik silahkan memanfaatkan dan pemandangannya indah sekali, bisa dilihat di belakang saya ada Gunung Ciremai yang luar biasa oke," terangnya.

Untuk mengantisipasi kondisi lelah para pemudik, sambung gubernur, pihak jalan tol akan menyediakan rest area sementara di KM 194 + 400.

"Yang kecapean di titik ini, boleh istirahat di sini nanti disediakan rest area yang sifatnya temporary (sementara, red). Jangan lama-lama ya,  paling ke toilet,  beli tahu Sumedang,  gorengan atau cemilan. Kalau mau shalat,  akan disediakan  mushala darurat," bebernya.

Lebih jauh gubernur menyebutkan,  mengingat belum dipasangnya lampu penerangan jalan, maka akan ada pembatasan jam operasional. Dibuka mulai dari jam 06.00 pagi sampai jam 15.00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: