Seperti Fly Over, Penampakan Jembatan Kedondong di TOL CISUMDAWU, di Bawahnya Jalan Warga

Seperti Fly Over, Penampakan Jembatan Kedondong di TOL CISUMDAWU, di Bawahnya Jalan Warga

Jembatan Kedondong di Tol Cisumdawu yang nampak seperti fly over, karena di bawahnya terdapat akses Jalan Raya Desa Cacaban.-Kang Kanda/Ist - Diolah-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jembatan Kedondong yang merupakan jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu saat ini sudah rampung dan siap dilintasi kendaraan.

Menariknya jembatan yang berada di Seksi 5B Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tersebut, mirip dengan fly over bila dilihat dari Jalan Desa Cacaban - Conggeang.

Bila pengendara melintas di ruas jalan tersebut ke arah Cacaban, nantinya akan melintasi bagian kolong Jembatan Kedondong.

Akses Jalan Desa Cipelang - Conggeang - Cacaban ini, memang mengalami perubahan setelah ada Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:Saat TOL CISUMDAWU Beroperasi untuk Mudik, Ingat Belum Bisa Keluar di Gerbang Tol Paseh

Terutama di Desa Babakan Asem, yang semula lurus, kini dibelokan dan melewati underpass. Tetapi saat mengarah dari Babakan Asem ke Cacaban, jalan desa ini persis bersebelahan dengan Tol Cisumdawu.

Menariknya, meski tidak terlalu lebar tetapi sudah full beton. Hanya di bawah Jembatan Kedondong yang masih berupa tanah pegerasan.

Sebab, pada area ini, masih ada konstruksi untuk pekerjaan finishing. Bahkan launcher girder pun baru selesai dilepas.

Di Seksi 5B ini, total terdapat 3 jembatan dan sejumlah underpass bridge. Total panjangnya mencapai 1,90 kilometer. Karenanya, pekerjaan di ruas ini, cukup rumit dan butuh waktu.

BACA JUGA:11 HARI LAGI Dipakai Mudik, Jalan Tol Cisumdawu Masih Seperti Ini

Bahkan ada 1 pembangunan jembatan baru di Seksi 5B yakni Jembatan Gunung Puyuh dengan waktu pengerjaan sekitar 45 hari, atau 15 April 2023.

Kembali ke Jembatan Kedondong, pembangunan jembatan ini menjadi sorotan juga dalam hal tekni pengerjaannya.

Kontraktor pelaksana yakni PT Girder Indonesia membangun menggunakan 17 pier head yang menopang balok girder di atasnya.

Masing-masing pier head memiliki lebar 34,1 meter dan bentang 40,1 meter. Pada posisi tertinggi dari permukaan tanah, pier head bisa mencapai ketinggian 27 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: